wagub-dki-monitor-pengaduan-warga-di-kebayoran-baru

NameWakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan, dalam rangka memonitoring program pengaduan masyarakat di Kecamatan Kebayoran Baru, Sabtu (9/12). Didampingi Kepala BKD Provinsi DKI Jakarta Agus Suradika, Camat Kebayoran Baru Aroman Nimbang dan instansi terkait lainnya, Sandiaga Uno juga bersempatan meninjau Bazar UKM Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Sudin KUKM) Angkatan I Pelatihan OK OCE Kebayoran Baru.

Usai meninjau Bazar, Sandi mengontrol ruang sekretariat OK OCE dan menyapa para Coaching Clinic. Setelah itu, Sandi memasuki ruang pelayanan aduan masyarakat dan memberikan arahan. Di kesempatan yang sama, Sandi secara resmi membuka Pelatihan 5S (Kunci Wirausaha) OK OCE dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ketika dimintai keterangan, Sandi mengungkapkan sejak pertama ke Jakarta, dirinya tinggal di wilayah Kecamatan Kebayoran Baru. Menurut Sandi, sebagian warga di Kecamatan Kebayoran Baru banyak yang hidup sejahtera. Tetapi, menurut Sandi, tidak sedikit pula warga yang masih tertinggal sehingga masih ada ketimpangan yang harus diperhatian.

"Tentunya program lapangan kerja OK OCE seperti ini perlu kita giatkan, ini yang menurut saya bisa mendorong untuk menjembatani jurang ketimpangan yang ada di Jakarta ini," kata Sandi. Menanggapi pelayanan pengaduan masyarakat di tingkat Kecamatan, Sandi mengatakan pelayanan aduan tersebut sangat efektif. Sebab, keluhan warga sudah pasti akan diterima dan ditindaklanjuti.

"Pihak Kecamatan akan menindaklanjuti dalam rapat Minggonan di hari Senin. Jika tidak bisa tertangani maka akan dibawa ke tingkat walikota pada hari Selasa. Jika masih belum bisa juga tertangani maka diserahkan ke balai kota," terangnya. Sandi juga mengingatkan bahwa dirinya bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, selalu membuka pintu jika masih ada warga yang ingin mengadukan keluhannya ke balai kota.

"Very-very welcome. Its ok. Kita selalu buka doorstop di balai kota," imbuhnya. Sementara itu, Camat Kebayoran Baru, Aroman Nimbang menambahkan, layanan pengaduan masyarakat di Kecamatan Kebayoran Baru sudah berjalan selama empat kali atau empat minggu yang dibuka pada hari Sabtu mulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB.

Sesuai dengan arahan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Aroman mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Kebayoran Baru untuk dapat memanfaatkan pelayanan aduan ini. Caranya adalah dengan melaporkan segala keluhan baik masalah pembangunan, infrastruktur, kesehatan dan lainnya sesuai dengan mekanisme yang sudah ditentukan. "Nanti ada formulir yang kita berikan kepada warga. Kemudian, warga mengisi identitas diri dan selanjutnya mengadukan secara lisan, dan laporan keluhan yang tertulis itu langsung diinput ke sistem dan itu online langsung ke provinsi," tandasnya. (KIP JS)