
Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Administrasi Jakarta Selatan, menggelar Open House Pengaduan Warga, di Kantor Kecamatan Mampang Prapatan, Sabtu (18/11). Camat Mampang Prapatan, Asril Rizal, mengatakan kegiatan yang dimulai sejak jam 08.00 WIB hingga 11.00 WIB ini, merupakan salah satu wadah bagi masyarakat, yang ingin mengutarakan keluh kesahnya terhadap permasalahan yang dihadapi di Kecamatan Mampang Prapatan.
“Jadi Open House ini dibuka untuk masyarakat, yang intinya kita menerima semua pengaduan dari warga Kecamatan Mampang Prapatan,” tuturnya. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh Kecamatan Mampang Prapatan dalam kegiatan ini. “Seperti menyiapkan blanko isian, meja, kursi, ruang tunggu dan juga ada snack. Untuk alur penerimaan, laporan masyarakat dilaporkan kepada petugas kecamatan, kemudian ditindaklanjuti oleh camat, serta camat akan disposisi ke kasi-kasi sektoral di Kecamatan Mampang Prapatan,” ujarnya.
Asril Rizal menyampaikan bahwa pada kesempatan itu, sebanyak sembilan warga telah mengadu kepada pihak Kecamatan Mampang Prapatan. Apa yang dilaporkan itu pun berbeda-beda antara warga yang satu dengan lainnya. “Dari pengaduan masyarakat itu ada satu yang langsung kita tindak lanjut yaitu mengenai KTP. Laporan itu sendiri macam-macam, ada permasalahan jaringan utilitas, saluran yang kotor, dan juga adanya genangan-genangan di wilayah Kecamatan Mampang,” ungkapnya.
Asril Rizal menyampaikan, sekitar 10 petugas diturunkan dalam kegiatan ini. “Saat ini kita tugaskan semua teman-teman sektoral. Kemudian dari tingkat kelurahan kami juga undang para sekretaris kelurahan disini, dan ke depan nanti kita akan bagi tugas setiap hari sabtu,” ujarnya. Asril Rizal menjelaskan, dalam pengerjaan pelaporan, dirinya akan melihat terlebih dahulu perihal yang dilaporkan. Jika memang bisa langsung ditindak lanjut, maka pihak kecamatan pun tidak segan akan langsung mengatasi perihal laporan tersebut.
“Harapan saya ke depan, segala pelaporan Insya Allah kita bisa selesaikan demi mengatasi berbagai masalah yang ada di DKI Jakarta khususnya Mampang Prapatan ini,” ucapnya. Sementara itu, salah satu warga Kelurahan Bangka, Hermansyah, mengatakan bahwa adanya Open House ini sangat membantu masyarakat, yang ingin menyalurkan aspirasi mereka terkait berbagai permasalahan di Mampang Prapatan.
“Bagus. Menurut saya ada cepat tanggap dalam mengurus segala keluhan, terutama keluhan saya sendiri untuk mengurus Kartu Indonesia Pintar. Semoga ini bisa membantu apa yang saya inginkan untuk pendidikan anak saya,” pungkasnya. Diketahui, kegiatan Open House ini juga dilakukan di sembilan kecamatan lainnya di Jakarta Selatan. Total, sebanyak 74 pengaduan masuk di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan. (KIP JS)