Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kebayoran Baru menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) di Aula Puskesmas Kebayoran Baru Lantai, 4, Jakarta Selatan, Senin (10/6). FKP ini digelar untuk membahas penyesuaian Standar Pelayanan Puskesmas Kebayoran Baru sesuai dengan pendekatan Integrasi Pelayanan Primer (IPP), dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang berkesinambungan.
Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, Tresia Arthati mengatakan, penerapan Intergrasi Pelayanan Primer merupakan bagian dari transformasi pelayanan kesehatan dengan tiga fokus integrasi pelayanan yaitu pelayanan berdasarkan siklus hidup dengan penguatan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, peningkatan akses layanan Kesehatan, serta penguatan pemantauan wilayah setempat (PWS) dan kunjungan keluarga.
Ia menuturkan, Pasien yang datang ke Puskesmas, tidak hanya berhak mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan keluhan yang dirasakan, tetapi juga mendapatkan skrining atau deteksi dini penyakit sesuai dengan paket pelayanan kesehatan berdasarkan kategori usia.
"Forum Konsultasi Publik diselenggarakan sebagai wahana sosialisasi dan diskusi terkait penyesuaian alur dan waktu yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan secara holistik dan komprehensif kepada masyarakat. Pada kesempatan tersebut, peserta juga memberikan umpan balik terkait pelayanan kesehatan yang diterima dari Puskesmas Kebayoran Baru," tuturnya.
Untuk diketahui, pada akhir kegiatan, para peserta Forum Konsultasi Publik yang merupakan Kasi Kesra Kelurahan se-Kecamatan Kebayoran Baru dan warga, menandatangani berita acara kesepakatan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Kebayoran Baru.