pemkot-jaksel-segera-bangun-jalur-sepeda

Tekat Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi membudayakan masyarakat menggunakan sepeda dalam aktivitas sehari-hari mereka kini kian mendekati terwujud, Dia mengatakan pihak Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot) segera membuat jalur khusus bagi pengguna sepeda. Disamping mengurangi tingkat polusi udara di Jakarta, juga desakan masyarakat pecinta sepeda di Jakarta.

Dari kajian sejumlah ruas jalan yang memungkinkan ada tiga rute utama jalur sepeda yang sudah disiapkan, segera dilakukan uji coba,”kata walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi,”Kemarin. Ada tiga titik lokasi yang dinilai paling ideal untuk jalur khusus sepeda, yaitu Blok M hingga Lebak Bulus, selanjutnya Dukuh Atas arah semanggi dan dari Sahardjo. Kemudian jalur lainnya mulai dari Setiabudi, Senopati masuk ke Mampang Prapatan dan berakhir di Kuningan.

Ketiga titik tersebut disanyelir merupakan jalur yang biasa digunakan komunitas sepeda ontel,bike to work maupun lainnya. Itukan jalur-jalur perkantoran dan komunitas mereka memang kebanyakan orang perkantoran,”ujarnya.

Selain mengkampanyekan penggunaan sepeda untuk ke kantor pihaknya juga setiap hari Selasa dan Jumat berangkat ke kantor dengan menggunakan sepeda, serta komunitas ontel, bike to work ikut bersama-sama. Juga akan mengkampanyekan bersepeda ke sekolah, seperti yang sudah diterapkan sekolah SMAN 6 juga Lab School yang sudah 40 siswa dinyatakan setiap hari menggunakan sepeda ke sekolah. Kampanye bersepeda ini akan mendorong jumlah pengguna sepeda agar lebih banyak lagi,”tukasnya.

Menurut Syahrul Effendi pengguna sepeda di wilayah Jakarta Selatan diperkirakan mencapai 60-80.000. Dengan demikian bila memang ada jalur khusus sepeda dipastikan akan sangat efektif dan pengguna sepeda bisa nyaman tidak terganggu hiruk pikuk kemacetan lalu lintas, serta yakin jalur tersebut tak akan sia-sia,”tegasnya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta M. Tauchid, ada beberapa alternatif yang disiapkan untuk memfasilitasi pengguna sepeda, Pertama pembuatan jalur khusus sepeda. Jalur tersebut bukan mengambil pedestrian yang ada, tapi memiliki jalur tersendiri di luar jalan yang ada. Opsi lainnya, lajur khusus sepeda (Bicycle lane). Lajur khusus bisa dibuat dengan membagi jalan yang sudah ada seperti halnya busway. Jalur alternatif lainnya, rute-rute yang tidak ramai dilalui kendaraan.