inilah-tim-sudinhub-jaksel-dalam-atasi-laporan-qlue

NameSuku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, membentuk Tim Reaksi Cepat Aplikasi Qlue, sebagai upaya merespon secara cepat laporan masyarakat mengenai adanya tindakan seputar kemacetan dan parkir tak sesuai aturan yang masuk melalui Qlue.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Christianto mengatakan, pembentukan Tim Reaksi Cepat dilakukan agar laporan masyarakat dapat terlayani penuh sehingga informasi yang diadukan bisa segera lekas diatasi.

"Tim Reaksi Cepat dibentuk ketika ada laporan aplikasi Qlue segera direspon cepat. Laporan didapatkan dari aplikasi Qlue pada smartphone Android," ujarnya, Jumat (2/6). Christianto mengatakan, penindakan terhadap laporan akan dilakukan dengan melibatkan semua pihak mulai dari TNI, Polri, hingga Satpol PP. "Agar laporan selesai pada aplikasi harus dihijaukan," jelasnya.

Christianto mengungkapkan, berkembangnya teknologi dan informasi yang sangat pesat di zaman ini, membuat masyarakat dapat dengan mudah membantu petugas, untuk menindak berbagai hal terkait pelanggaran yang terjadi di wilayah mereka.

"Masyarakat dapat melaporkan permasalahan kemacetan dan parkir liar melalui aplikasi, sehingga kita juga harus membentuk unit reaksi cepat untuk melakukan pengendalian dan pengawasan lalu lintas," tuturnya.

Untuk itulah Christianto menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengendalian lalu lintas melalui razia parkir liar, yang diyakini dapat mengurangi masalah kemacetan lalu lintas di wilayah Jakarta Selatan. "Manfaatkan aplikasi Qlue dalam menerima laporan dan merespon laporan dengan cepat sebagai wujud pelayanan terhadap masyarakat," tandasnya.

Berdasarkan data, Tim Reaksi Cepat Aplikasi Qlue berjumlah 55 personel yang terdiri dari Tim Patroli dan Qlue Motor sebanyak 20 personel, Tim Derek yang merupakan gabungan bersama Garnisun serta Kepolisian sebanyak 20 personel, serta Tim Tindak sebanyak 15 personel.

Ada beberapa mekanisme yang dilakukan Tim Reaksi Cepat aplikasi Qlue dalam mengatasi beragam laporan, diantaranya :

  • Keluhan masyarakat dalam aplikasi Qlue diterima oleh Admin Qlue  
  • Admin Qlue menyampaikan keluhan masyarakat kepada Kasudin dan Kasiop
  • Kasiop melanjutkan keluhan masyarakat kepada para Danru dan Koordinator
  • Bersama anggotanya menindaklanjuti/ menyelesaikan keluhan masyarakat
  • Dengan melakukan penertiban dan tindak lanjut aplikasi Qlue dengan membuat foto tindak lanjut di lokasi laporan masyarakat dan hijaukan laporan pada aplikasi Qlue
  • Admin Qlue membuat laporan Qlue yang telah di respon
  • Tim humas dan publikasi membuat dokumentasi video dan media berita dari setiap kegiatan operasi. (KIP JS)