Kategori : KESRA , Terbit : Kamis, 22 September 2022

Tim P2S Jaksel Grebek Stunting di RW 06 Kelurahan Kebon Baru




Dibaca : 69

    Jakarta - Tim P2S (Percepatan Penurunan Stunting) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), melakukan Grebek Stunting di Jalan H Barat No.18, RT 07/RW 06, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Kamis (22/9). Kegiatan ini, dilakukan dalam rangka Pelaksanaan Konvergensi Aksi 7 Pengukuran dan Publikasi Stunting di wilayah Jakarta Selatan. 

    Kepala Sudinkes Jakarta Selatan Yudi Dimyati mengatakan, petugas yang tergabung dalam Tim P2S Jakarta Selatan berasal dari Sudin Kesehatan, Kesra Kelurahan Kebon Baru, Puskesmas Kecamatan Tebet, Puskesmas Kelurahan Kebon Baru, RT dan kader. 

    "Grebek Stunting rutin dilakukan untuk memvalidasi kembali pengukuran berat badan dan tinggi badan balita yang sudah dilakukan di Posyandu. Masalah gizi balita perlu dicegah sedini mungkin. Dengan adanya kegiatan ini, maka kita akan mengetahui faktor determinan penyebab masalah gizi tersebut," ujarnya. 

    Yudi menuturkan, faktor determinan penyebab masalah gizi balita seperti kebiasaan makan, pola hidup bersih dan sehat, pola asuh, status kesehatan, status imunisasi, sanitasi lingkungan, pengetahuan ibu/pengasuh, ataupun status ekonomi keluarga. 

    "Petugas juga turut memonitoring kondisi lingkungan rumah balita. Nantinya, hasil kegiatan ini akan dijadikan data dasar untuk disampaikan kepada stakeholder dan pengambil kebijakan, dalam merencanakan program intervensi masalah gizi," tandasnya. 

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS