Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Kamis, 22 September 2022

Dinas PMPTSP Jakarta Gelar Sosialisasi Berbagai Izin dan Strategi Bisnis




Dibaca : 63

    Jakarta - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, menggelar sosialisasi berbagai izin seperti perizinan berusaha, izin edar, sertifikat halal, serta perpajakan bagi usaha Mikro Kecil dan Strategi Bisnis Melalui Marketplace kepada para pelaku usaha, di lantai 7 Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta, Kamis (22/9). 

    Subkoordinator Seksi Pelayanan Satu Dinas PMPTSP DKI Jakarta Mochamad Luthfi Ansori menjelaskan, penting pemilik usaha harus memiliki izin usaha. Salah satunya, agar pemilik usaha bisa mendapatkan jaminan hukum dan perlindungan dari pemerintah.

    "Jika izinnya lengkap dan sah mendapatkan kemudahan perbankan, lebih mudah ikut serta dengan tender, memilki kesempatan mengembangkan sayap di internasional, dan bisa ikut promosi oleh pemerintah," katanya. 

    Mayoritas pelaku usaha bergerak di bidang kuliner, oleh karenanya, Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya BBPOM Jakarta, Handini Wirastuti Djohanputri, menambahkan apa saja jenis makanan atau produk kuliner yang tidak perlu izin edar. Salah satunya yakni masa simpan produk kurang dari 7 hari dan diimpor dalam jumlah kecil. 

    "Digunakan lebih lanjut sebagai bahan baku pangan olahan dalam jumlah besar, tidak dijual secara langsung pada konsumen akhir, diolah dan dikemas di hadapan pembeli pangan siap saji, mengalami pengolahan minimal pasca panen," ujarnya. 

    Pihaknya juga menambahkan, adanya berbagai keuntungan jika produk memiliki nomor izin edar seperti legalitas peredaran produk, meningkatkan daya saing produk, nilai tambah pada produk pangan, mutu terjamin dan memenuhi keamanan mutu dan gizi pangan. 

    "Tentunya para pelaku usaha bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan dan memperluas pemasaran produk," tambahnya.

    Selain nomor izin edar, para narasumber juga menjelaskan keuntungan jika produknya dilabeli halal oleh Kementerian Agama RI. H. Imran Hatumena sebagai Sekretaris Satgas Halal Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menjelaskan mengapa setiap produk harus disertifikasi halal.

    "Jumlah konsumen muslim Indonesia yang cukup besar dan potensial, produk yang beredar di masyarakat belum terjamin kehalalannya, banyak ditemukan kasus-kasus terkait kehalalan produk," paparnya. 

    Sementara itu, Senior Public Policy and Government Relationship PT Tokopedia Nursidah, menganjurkan setiap pelaku memiliki toko online. Terlebih berbagai keuntungan bisa didapatkan oleh pelaku usaha. 

    "Kenapa sih harus berjualan online, faktanya 1 dari 5 pengguna internet berbelanja online, jumlah penduduk Indonesia sudah terhubung internet, dan  87,1%pengguna internet Indonesia pembeli online," tandasnya. 

    Diketahui, Kegiatan digelar di lantai 7 Dinas PMPTSP, sedangkan di lantai 1 juga diadakan kolaborasi pelayanan perizinan berusaha. Salah satunya penjualan produk UMKM secara langsung kepada para pengunjung. 

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.
     

    Penulis : KIP JS