Kategori : KESRA , Terbit : Selasa, 03 Agustus 2021

Ratusan Warga Vaksin COVID-19 Di Gerai Vaksin Merdeka Lapangan Blok S




Dibaca : 100

    Jakarta – Ratusan warga melakukan vaksin COVID-19 di Gerai Vaksin Merdeka, Lapangan Blok S, Jalan Suryo, Kelurahan Rawa Barat, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Selasa (3/8). Lurah Rawa Barat Dedi Rohedi mengatakan, kehadiran Gerai Vaksin di sejumlah titik diharapkan makin memudahkan warga untuk mendapatkan layanan vaksin COVID-19, yang tengah digencarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

    “Hari ini ratusan warga antre dengan tertib di Lapangan Blok S, Kelurahan Rawa Barat demi mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama ataupun dosis kedua. Vaksin yang digunakan di Gerai Vaksin Merdeka Lapangan Blok S adalah Sinovac,” ujarnya. Dedi menuturkan, Gerai Vaksin ini merupakan hasil kolaborasi Kelurahan Rawa Barat dengan Kamar Dagang dan Industri Jakarta Selatan, Sudin Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Selatan, serta Sudin Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    “Beberapa pengurus RW dan RT di wilayah Kelurahan Rawa Barat juga ikut berkolaborasi memberikan dukungan mate ril dan moril, demi kelancaran Gerai Vaksin Merdeka Vaksin di Lapangan Blok S. Hingga siang tadi, kurang lebih 160 orang warga sudah melakukan pendaftaran di meja registrasi, dan sebanyak 80 orang warga berusia di atas 12 tahun sudah divaksin,” ungkapnya. Dedi menuturkan, tidak hanya warga yang berasal dari Kelurahan Rawa Barat saja, sejumlah warga yang mendaftar vaksinasi juga berasal dari wilayah lain.

    Bahkan beberapa ada yang ber-KTP daerah. “Semua pedagang, Asisten Rumah Tangga, sopir, pekerja bangunan, pelayan restoran, dan semua kalangan yang secara medis dimungkinkan untuk divaksin, harus bisa menunjukkan sertifikat vaksin saat beraktifitas sehari-hari,” lanjutnya. Dedi menambahkan, vaksin menjadi salah satu langkah penting untuk mengatasi pandemi COVID-19. Karena selain bisa mengurangi gejala yang timbul, juga meminimalkan resiko kematian jika terpapar Covid-19, “Melalui vaksinasi massal diharapkan Indonesia khususnya DKI Jakarta bisa segera mencapai kekebalan kelompok,” ucapnya.

    Sejumlah warga mengapresiasi upaya Kelurahan Rawa Barat dalam menghadirkan gerai vaksin yang dekat dengan permukiman warga. Farrel (13) misalnya, warga yang tinggal di Jalan Rengas ini senang sekali bisa mengikuti vaksin karena bisa diakses dengan berjalan kaki dari rumahnya.  “Semoga kalau semua sudah divaksin kita bisa sekolah lagi karena sudah kangen belajar di sekolah dan bisa bermain kembali dengan teman-teman,” tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS