Kategori : KESRA , Terbit : Rabu, 21 Juli 2021

Pemkot Jaksel Potong 61 Hewan Kurban Di Masjid Darul Jannah




Dibaca : 163

    Jakarta - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, melakukan pemotongan terhadap 61 hewan kurban, di Halaman Masjid Darul Jannah, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Rabu (21/7). Plt Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji, melakukan monitoring langsung terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Dirinya menyatakan, 61 hewan kurban yang dikurbankan rinciannya adalah 20 sapi dan 41 kambing serta domba.

    "Hari ini hari kedua Idul Adha, Pemkot Jakarta Selatan di Masjid Darul Jannah Kantor Wali Kota Jakarta Selatan menyembelih sebanyak 61 hewan kurban," ujarnya. Isnawa menjelaskan, total jumlah hewan kurban yang terkumpul di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan sebanyak 152. Rinciannya, 48 sapi, dan 104 kambing serta domba. Dari jumlah itu, 25 hewan berasal dari para ASN di lingkup Pemkot Jakarta Selatan, dan 19 dari BATAN. Sisanya pemberian dari perusahaan ataupun perorangan.

    Isnawa menambahkan, sisa hewan yang belum dipotong, diberikan kepada lembaga keagamaan, masjid, yayasan, panti sosial dan lain sebagainya. "Perihal soal penyembelihan hewan kurban di Masjid Darul Jannah, dilakukan tidak dengan cara konvensional. Tapi untuk yang pertama kali dilakukan dengan menggunakan alat dari BATAN demi memudahkan penyembelihan," ungkapnya. Isnawa menuturkan, penyembelihan juga dilakukan dengan prokol kesehatan ketat sesuai arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

    Selain itu, untuk higienisnya juga telah dipantau oleh petugas dari Sudin KPKP Jakarta Selatan dibantu dari Tim Fakultas Kedokteran Hewan. "Selanjutnya hewan kurban tersebut nantinya 50 persen lebih akan kami drop ke wilayah kelurahan dan kecamatan yang sudah dikemas di dalam bongsang untuk dibagikan pada fakir miskin dan warga yang isoman. Sisanya akan kami bagikan di lingkup Kantor Wali Kota," tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

     

    Penulis : KIP JS