Kategori : PEMBANGUNAN , Terbit : Senin, 12 April 2021

Sudin Pertamanan Dan Hutan Kota Jaksel Siaga Jelang Cuaca Ekstrem




Dibaca : 82

    Jakarta - Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), menyebar ratusan petugas untuk mengantisipasi pohon tumbang, juga pohon tinggi menjelang cuaca ekstrem. Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto mengatakan, di setiap kecamatan sudah ada tim khusus yang memantau pohon.

    "Ada tim toping di setiap kecamatan dan setiap hari memonitor pohon. Apakah ada yang miring, keropos, dan terlalu tinggi," katanya, Senin (12/4). Sebanyak 14 tim siaga ketika hujan turun. Satu tim disebutnya terdiri dari delapan orang petugas. Winarto menuturkan, para kasatpel di kecamatan sudah memonitor pohon rawan tumbang dan sudah mendatanya. "Semua pohon sudah didata, mana saja yang keropos, miring, terlalu tinggi, itu sudah didata. Dan pohon juga sudah diperiksa kesehatannya," ungkapnya.

    Ia juga menyebutkan, jika tingkat keropos sudah menginjak angka 40 persen, maka pohon akan langsung ditindak seperti dipangkas atau ditoping. Berkaca ke kejadian Minggu (11/4) lalu, Winarto menegaskan murni musibah. Angin puting beliung lokal menumbangkan pohon di kawasan Kebayoran Lama. "Untuk penanganan nya kemaren gak lama, sekitar 20 menit kok. Dan Kebayoran Lama memang menjadi fokus kami ketika hujan turun, selain Kebayoran Baru dan Pesanggrahan," katanya.

    Di satu sisi, pihaknya akan mengerahkan lebih banyak petugas untuk membenahi pohon di sekitar Jalan Ciputat Raya. "Hari ini ada bantuan personel dari dinas. Total ada 10 tim. Nah kita mau disetting tim dari kecamatan lain, untuk menangani kejadian kemarin. Masih banyak pohon yang sempal dan patah setengah, besok ada sekitar 14 tim," tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

     

    Penulis : KIP JS