Kategori : KESRA , Terbit : Rabu, 07 April 2021

Kelompok Wirausaha Tani Sirih Kuning Resmi Dikukuhkan




Dibaca : 297

    Jakarta - Kelompok Wirausaha Tani Sirih Kuning di Kampung Cipedak, RW 09  Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Administrasi Jakarta Selatan, resmi dikukuhkan pada Rabu (7/4). Kelompok ini, akan membiakkan tanaman Alpukat Cipedak, sebagai tanaman asli Jakarta.

    Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, yang turut hadir dalam pengukuhan tersebut mengatakan, tanaman Alpukat Cipedak ini bisa menjadi eksistensi yang harus diakui berasal dari tempat tersebut. “Bahwasanya, tanaman ini berasal dari kampung Cipedak. Dan jangan sampai buah Alpukat Cipedak yang dari kampung sini itu, diakui dari kampung atau daerah lain,” tegasnya.

    Sementara, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok mengatakan, Kelompok Wirausaha Tani Sirih Kuning bergerak dalam bidang penangkaran Alpuket Cipedak, yang merupakan potensi hortikultura pertanian lokal khas Jakarta Selatan. “Di mana bibit Alpuket Cipedak sudah diperjual belikan dimana-mana dan sudah popular,” ucapnya.

    Ketua Kelompok Wirausaha Tani Sirih Kuning Jazuri menambahkan, pengukuhan akan menjadi langkah awal bagi kelompoknya, untuk dapat mengembangkan Alpukat Cipedak lebih jauh lagi. “KWT (Kelompok Wirausaha Tani) Sirih Kuning merupakan kelompok tani yang bergerak di bidang produksi pembibitan tanaman Alpukat Cipedak dengan sambung entres (sambung pucuk),” tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS