Kategori : KESRA , Terbit : Rabu, 07 April 2021

Budidamber Kelompok Perikanan Bina Family Fokus Di Lele Dan Nila




Dibaca : 193

    Jakarta – Budidaya ikan dalam ember (Budidamber) Kelompok Perikanan Bina Family, memiliki fokus di dalam pengembangan ikan lele dan nila. Terletak di RT 011/RW 09 Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Administrasi Jakarta Selatan, pembentukan budidamber ini mengajak masyarakat sekitar, untuk turut serta terlibat di dalamnya.

    Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, yang melakukan kunjungan ke lokasi budidamber pada Rabu (7/4) mengatakan, pengelolaan budidamber tentu harus dilakukan dengan benar. Apalagi jika lokasi itu ingin menjadi sentra ikan lele di Jakarta Selatan. “Budidaya ikan dalam ember ini harus ada minimal itu dua atau tiga ember dalam tiap rumahnya. Jadi kita dapat memanennya selang seling, bisa tiap bulan kita panen. Dan kedepannya ini harus dikelola dengan benar,” ujarnya.

    Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok menuturkan, ikan lele dan nila dibudidayakan dalam biofloc sebanyak 3.000 ekor. “Dan sebagai sumber mata pencarian, kita harus mendukung dan mem-backup agar usaha kelompok Perikanan Bina Family ini dapat berjalan dengan baik,” terangnya.

    Sementara, Ketua Kelompok Perikanan Bina Family H. Karim mengatakan, keterlibatan masyarakat penting untuk membuat budidamber bisa menjadi lebih besar lagi. “Kami akan kembangkan budidaya ikan ini, kepada masyarakat disini. Dan saya juga akan mengontrol, agar masyarakat di sini juga bisa panen,” tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS