Kategori : KESRA , Terbit : Senin, 01 Maret 2021

Vaksinasi Lansia Kecamatan Cilandak Sediakan Pemeriksaan Gula Dan Darah




Dibaca : 280

    Jakarta – Kegiatan Vaksinasi Dinamis COVID-19 Berbasis Wilayah bagi para warga lanjut usia (lansia) Kecamatan Cilandak yang berlangsung di SDN 04 Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Senin (1/3), juga menyediakan pemeriksaan terhadap gula dan darah. Kabag Perekonomian Jakarta Selatan Sjamsul Idris, yang melakukan monitoring langsung terhadap pelaksanaan vaksinasi tersebut, memberikan apresiasi kepada Puskesmas Kecamatan Cilandak yang telah menyiapkan segala sesuatu terkait dengan proses vaksinasi ini.

    “Untuk protokol kesehatannya juga sudah sangat tertib. Kemudian juga disini ada pemerikasaan gula darah dan kolesterol. Jadi, ini merupakan inovasi yang baik dari Puskesmas Kecamatan Cilandak untuk layanan kepada masyarakat secara optimal, dalam kegiatan vaksinasi secara massal ini," ujarnya. Sementara, Kasatpel Unit Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Kecamatan Cilandak Tri Novia Maulani mengatakan, pihaknya telah mengadakan vaksinasi massal untuk lansia dari minggu lalu. 

    "Jadi, ini hari ke enam kami melakukan vaksinasi massal untuk lansia. Sasarannya sebanyak 200 sampai 250 lansia, dan kami juga sudah menyebarkan undangan via sms atau whatsapp kepada 230 lansia untuk hari ini," jelasnya. Novia menambahkan, untuk lansia yang sudah mendapatkan undangan bisa langsung melakukan registrasi, kemudian dilakukan skrining tekanan darah dan gula. Setelah itu, akan diputuskan apakah lansia tersebut layak untuk mendapatkan vaksinasi atau tidak.

    "Jadi, jika layak lansia akan kami suntikan dan kami observasi selama 30 menit dan baru kami bolehkan pulang. Setelah itu, kami akan berikan jadwal untuk dosis kedua satu bulan ke depan," tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS