Kategori : KESRA , Terbit : Selasa, 02 Maret 2021

Petugas Gabungan Kecamatan Kebayoran Baru Siaga Bantu Lansia Pasca Vaksinasi




Dibaca : 60

    Jakarta – Sebanyak 200 lansia menjalani vaksinasi Kegiatan Vaksinasi Dinamis COVID-19 Berbasis Wilayah di SMPN 12, Senin (1/3). Petugas gabungan dari Kecamatan Kebayoran Baru pun disiagakan, untuk membantu lansia apabila pasca vaksinasi ada efek yang dirasakan oleh mereka.

    Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru Wida Guslianti mengatakan, tidak ada kesulitan atau kendala terkait giat tersebut. Meski begitu, satu mobil ambulance siaga ketika dibutuhkan. "Sampai saat ini belum ada kesulitan, kami juga berkoordinasi dengan rumah sakit Pusat Pertamina (RSPP). Hal itu untuk rujukan jika ada kejadian pasca vaksinasi,” katanya.

    Ia menjelaskan tahapan vaksinasi meliputi screening terlebih dahulu disertai dengan pemeriksaan tensi, gula darah, dan kolesterol. Dari hasil tersebut dokter akan men-assesment bahwa lansia bisa melanjutkan vaksinasi atau tidak. "Vaksinasi akan digelar dari jam 08:00 sampai jam 16:00 WIB. Vaksin sama seperti dari Kementerian Kesehatan, Sinovac dengan multi dose," tuturnya.

    Terakhir, salah satu warga penerima vaksin, Indra Safri mengatakan, tidak ada efek yang dirasa pasca  penyuntikan. Pegal setelah disuntik disebutnya hal yang biasa. "Gak terasa apa-apa kok, apalagi vaksinasi gratis dan bermanfaat. Habis disuntik biasa pegal,"katanya.

    Ia mengaku antusias dengan giat tersebut apalagi penyakit yang sudah setahun lebih ini terkenal mengerikan."Kalau justru anti terhadap vaksin ya sangat sayang sekali. Saya jujur saja antusias, kan tahu sendiri penyakitnya mengerikan. Ya mudah-mudahan Indonesia kedepannya lebih baik," tutupnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS