Kategori : PEMBANGUNAN , Terbit : Rabu, 13 Januari 2021

Seluruh RW Di Kelurahan Kebagusan Miliki Bank Sampah




Dibaca : 195

    Jakarta - Seluruh RW di Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan, kini telah memiliki bank sampah. Beberapa di antaranya secara aktif telah melaksanakan penimbangan secara rutin setiap minggu. Sekretaris Kelurahan Kebagusan M. Yohan mengatakan, bank sampah yang aktif melakukan penimbangan berada di RW 02, RW 03, RW 07 dan RW 08. Untuk RW yang lain, memiliki jadwal penimbangan sebanyak dua minggu hingga satu bulan sekali.

    "Bank sampah adalah gerakan pengumpulan sampah anorganik yang dimulai dengan sampah dipilah dari rumah kemudian disetorkan dan ditimbang di bank sampah. Konsep bank sampah memiliki manajemen layaknya perbankan konvensional, yang ditabung adalah uang hasil konversi timbangan sampah anorganik. Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual ke Bank Sampah Induk yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup atau dijual ke Pengepul Sampah," paparnya, Rabu (13/1).

    Yohan mengungkapkan, salah satu RW yang aktif dalam bank sampah adalah RW 08. Di RW ini  ada empat bank sampah aktif yang setiap minggunya rutin melaksanakan penimbangan. "Bank Sampah Durian 3 setiap hari Rabu, Bank Sampah Rambutan 7 setiap hari Kamis, Bank Sampah 68 setiap hari Sabtu dan Bank Sampah Pisang Tanduk 98 setiap hari Minggu," terangnya.

    Sementara, Ketua RW 08 Kelurahan Kebagusan Madanih mengatakan, tujuan banyaknya pembuatan bank sampah di RW 08 salah satunya adalah untuk menambah pemasukan bagi warga di tengah pandemi COVID-19. Bahkan, salah satu bank sampah di RW ini yakni Bank Sampah Pisang Tanduk 98, saat pertama kali diresmikan telah memiliki 32 nasabah yang semuanya adalah warga RT 09/RW 08. "Bank Sampah di RT 09/RW 08 sudah lama kami persiapkan. Bukan hanya bank sampah saja, tapi juga tanam-tanaman yang bermanfaat buat warga kami tanam di sekitar bank sampah," tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS