Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Selasa, 01 Desember 2020

Wali Kota Jaksel Buka Sosialisasi E-SPPT PBB




Dibaca : 347

    Jakarta – Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali, membuka sosialisasi Electronic Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (E-SPPT) Pajak Bumi Bangunan (PBB) yang berlangsung secara daring, di Ruang Rapat Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Selasa (1/12). Marullah mengatakan, dirinya mendukung penuh adanya E-SPPT PBB. Selain itu, Marullah pun mengucapkan terima kasih lantaran Jakarta Selatan dipilih sebagai lokasi pertama digelarnya sosialisasi tersebut.

    “Terima kasih kita mendapatkan kesempatan yang pertama di antara lima wilayah dan satu kabupaten. Mudah-mudahan kesempatan ini bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya. Marullah juga meminta kepada para peserta yang terdiri dari camat, lurah dan UP3D, untuk dapat menggelar sosialisasi kepada masyarakat usai mengikuti sosialisasi ini. Hal tersebut dilakukan, agar apa yang diberikan dalam kegiatan ini, dapat langsung tersalurkan kepada mereka.

    “Terutama kepada wajib pajak yang potensial, dan beberapa wajib pajak yang rawan, yang menurut petanya camat dan lurah mesti disampaikan dan disosialisasikan. Dukung ini dengan baik. Ini merupakan kebijakan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ucapnya. Sementara Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta Mohammad Tsani Annafari mengatakan, E-SPPT PBB merupakan perubahan besar yang sangat berpengaruh dalam berbagai hal. Utamanya pajak yang menyangkut teritorial.

    “Di era digital ini kita mau tidak mau bergeser. Sekarang orang beli sepeda motor saja bisa sambil nunggu di rumah. Nah kita juga harus mengimbangi dalam rangka pelayanan publik. Kita juga bekerja sama dengan Bank DKI supaya pembayaran ini juga bisa online,” ucapnya. Kepala Suku Badan Pendapatan Daerah Jakarta Selatan Hendarto menambahkan, apabila E-SPPT PBB ini dilaksanakan, akan memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk mempercepat penerimaan PBB-P2. “Yang kemungkinan pada targetnya pada 2021 akan meningkat atau bertambah,” tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS