Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Jum'at, 23 Oktober 2020

KPU Jaksel Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bagi Pelajar SMA/Sederajat




Dibaca : 292

    Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Bagi Pelajar SMA/Sederajat di wilayah Pancoran dan Tebet dengan tema: "Urgensi Pemilu dan Mengenal Aktor Pemilu di Indonesia", secara daring, Jumat (23/10). Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali yang membuka kegiatan ini mengatakan, dirinya memberi apresiasi kepada KPU Jaksel yang telah mengadakan acara tersebut.

    Dirinya menuturkan, hal ini merupakan sebuah wujud nyata bahwa KPU Jaksel sebagai penyelenggara Pemilu, juga memiliki peran dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat khususnya para calon pemilih pemula. "Diharapkan dengan diselenggarakannya acara sosialisasi pendidikan pemilih bagi siswa siswi SMA sederajat di wilayah kota administrasi Jakarta Selatan ini, akan memberikan pemahaman serta pengetahuan baru terkait keilmuan dan demokrasi bagi para siswa, yang sekaligus merupakan calon pemilih pemula dalam pemilu mendatang," ucapnya.

    Sementara Ketua KPU Jaksel Agus Sudono mengatakan, lebih dari 600 peserta yang terdiri dari unsur KPU se-Provinsi DKI Jakarta, para stakeholders Kota Administrasi Jakarta Selatan, para siswa-siswi SMA sederajat, para guru, LSM dan juga tokoh masyarakat Jakarta Selatan turut serta dalam kegiatan yang merupakan Angkatan Pertama ini. "Karena daftar pemilih yang baik akan menghasilkan pemilihan yang kondusif dan berkualitas.

    Oleh karena itu KPU kota Jakarta Selatan telah menyiapkan aplikasi terbaru. Khususnya, bagi para pemilih pemula untuk ikut pro aktif dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, yang sampai saat ini masih terus dilakukan oleh KPU kota Jakarta Selatan bersama para stakeholders dan partai-partai politik di tingkat kota Jakarta Selatan," tandasnya. Diketahui, aplikasi data pemilih terbaru milik KPU kota Jakarta Selatan dapat diakses melalui www.js-kompakmemilih.com .

    Nantinya, para pemilih khususnya para pemilih pemula hanya cukup  meng-upload foto KTP / resi milik masing masing, dan kemudian meng-click fitur daftar dalam aplikasi tersebut. Sehingga, data yang telah diupload tersebut dapat didata dan diinput ke dalam data pemilih yang sedang disiapkan oleh KPU kota Jakarta Selatan agar semakin up to date dan semakin valid.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS