Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Kamis, 06 Agustus 2020

Pemkot Jaksel Gelar Rapat Lanjutan Rencana Implementasi Aspal Plastik




Dibaca : 2271

    Jakarta - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel), kembali menggelar rapat lanjutan rencana implementasi penggunaan aspal plastik untuk pembangunan jalan di Jakarta Selatan di Ruang Rapat Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (6/8). Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin mengatakan, rapat implementasi dengan pihak produsen pengadaan aspal plastik dilakukan untuk memastikan kualitas dan mutu aspal plastik yang rencananya digunakan untuk material pembangunan jalan di Jakarta Selatan.

    "Saat ini pemerintah sedang gencar mengurangi sampah plastik. Dan kebetulan ada produsen yang menawarkan aspal plastik untuk pembangunan jalan di Jakarta Selatan hingga coba kami lakukan pembahasan," ujarnya, Kamis (6/8). Dijelaskan Mukhlisin, pembangunan harus dipikirkan sesuai dengan lingkungan.

    Untuk itu dengan adanya tawaran pembangunan jalan menggunakan aspal plastik  demi mengurangi keberadaan sampah plastik apabila cocok dan ramah lingkungan, maka tidak ada salahnya untuk dilakukan. "Namun untuk memastikannya, terlebih dahulu dilakukan pembahasan secara detail dengan produsen dengan materi, yaitu apakah aspal plastik sudah sesuai standar SNI,  perbedaan proses pengaspalan dengan menggunakan aspal plastik dan aspal biasa dilihat dari material dan metodenya.

    Kemudian ketahanan jalan apabila menggunakan sampah plastik, uji coba aspal plastik dan lokasi yang sudah menggunakan aspal plastik untuk ditinjau," tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS