Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Jum'at, 10 Juli 2020

KPU Jaksel Telah Mutakhirkan 109.205 Data Pemilih




Dibaca : 891

    Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Administrasi Jakarta Selatan telah menggelar rapat koordinasi (rakor) pada 9 Juli 2020 terkait dengan Program Kerja Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, sesuai amanat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Hasilnya, KPU Jaksel telah memuktahirkan 109.205 data pemilih untuk Semester I 2020.

    Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali dalam materi sosialisasinya menuturkan, dirinya mengajak semua warga untuk selalu lapor diri kepada Satuan Pelaksana (Satpel) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di masing-masing kelurahan, apabila ada perubahan data kependudukan. “Hal tersebut dilakukan, agar database administrasi kependudukan selalu akurat,” ujarnya.

    Berdasarkan data yang diterima, pemuktahiran 109.205 data pemilih untuk Semester I 2020 dilakukan dalam kurun Januari hingga Juni 2020. Dan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan Juli 2020 di Jakarta Selatan, ditetapkan sebanyak 1.698.304 pemilih dalam rapat pleno tertutup. Target Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan adalah :

    A. Pemilih Baru - kelompok warga baru di suatu kelurahan (karena pindah domisili dan sudah berKTP dengan alamat baru). B. Pemilih Baru -  kelompok pemula yang baru memasuki umur 17 tahun. C. Pemilih Baru - kelompok purnawirawan TNI/POLRI yang memasuki pensiun setelah 17 April 2019.

    D. Perubahan Data -pindah domisili dalam 1 kelurahan, perubahan NKK maupun status pernikahan. E. Pindah Domisili (dari suatu kelurahan ke wilayah lain). F. Meninggal Dunia.

    Sudin Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Penulis : KIP JS