Kategori : KESRA , Terbit : Kamis, 02 April 2020

Warga Cikoko Berlomba Sediakan Tempat Cuci Tangan




Dibaca : 78

    Berperilaku hidup bersih dan sehat diimplementasikan oleh warga di Kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran, Kota Administrasi Jakarta Selatan. Mereka berlomba menyediakan ember untuk cuci tangan warga sekitar. Tempat cuci tangan terdata sementara 22 titik di RW 01, 74 titik di RW 02, 40 titik di RW 03, dan 32 titik di RW 05. Jumlah itu kemudian di update oleh Lurah Cikoko Fitriani Espana, yang kini mencapai 210 titik.

    "Semuanya swadaya masyarakat. Embernya ada yang pakai dispenser, ember cat, dan tergantung kemampuan mereka masing-masing. Semuanya di cat biar menarik. Tidak hanya ember, warga juga menyediakan sabun untuk mereka cuci tangan.  Kami prediksi jumlah itu akan bertambah," ujar Fitriani, Kamis (2/4). Dengan adanya ember dengan penampilan menarik, Fitriani yakin warga makin peduli dengan kebersihan diri. Mereka berperilaku sehat guna menekan penyebaran wabah COVID-19.

    "Wabah ini membuat masyarakat langsung berpengaruh di kehidupan mereka. Perilaku bersih sehat dijalani, kalau ada apa-apa langsung cuci tangan. Bahkan di pangkalan ojek mereka menyediakan sendiri tempat cuci tangannya sendiri," ungkapnya. Masyarakat pun disebut Fitri merespon positif kegiatan itu. Mereka berlomba-lomba agar lingkungannya mempunyai wadah yang menarik dan berbeda dari yang lain. "Awalnya imbauan kita itu cuma satu RT satu tempat cuci tangan. Malah sekarang ada satu RT itu menyediakan 21 titik tempat cuci tangan," terangnya.

    Rencananya, tambah Fitri, bantuan serupa akan didatangkan oleh kelurahan untuk menambah titik atau lokasi yang belum terjamaah. Nantinya bantuan CSR akan dialokasikan untuk membiasakan diri agar masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat. "Kelurahan Cikoko akan memberikan tempat cuci tangan dan sabunnya. Itu bantuan dari CSR. Desainnya beda. Nanti ada stiker dari CSR dan ada sosialisasi cuci tangan enam langkah," tandasnya.

    Sudin Komunikasi, Informasi dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan

    Penulis : KIP JS