Kategori : KESRA , Terbit : Selasa, 21 Januari 2020

Kader PKK Jaksel Diminta Sosialisasikan Pentingnya Buat Sumur Resapan




Dibaca : 178

    Ketua TP PKK Jakarta Selatan Komariah Marullah, meminta kepada seluruh kader PPK untuk aktif mensosialisasikan pentingnya membuat sumur resapan. Hal tersebut disampaikannya disela-sela kegiatan Pengajian Rutin PKK yang digelar di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Selasa (21/1).

    Menurut Komariah, jika hampir semua warga Jaksel membuat sumur resapan, maka dapat meminimalisir terjadinya banjir. “Saya minta untuk menanggulangi hujan, bisa dengan membuat biopori, membuat biopori itu mudah, namun lebih bagus lagi membuat sumur resapan vertikal,”  ungkapnya.

    Komariah menerangkan, sumur resapan memiliki banyak manfaat. Selain dapat meminimalisir terjadinya banjir saat musim hujan, sumur resapan juga bisa menyimpan air. Sehingga saat musim panas datang, warga tidak kekeringan. “Jadi airnya tidak buang ke selokan atau ke kali, jadi disimpan di sumur resapan. Jadi saat musim panas sangat bermanfaat untuk kita, sehingga kita tidak kekeringan. Kemudian saat musim hujan, sumur resapan dalam menampung air hujan,” terangnya.

    Selain meminta mensosialisasikan membuat sumur resapan, Komariah juga meminta kepada kader PKK untuk menyampaikan kepada warga di wilayahnya masing-masing, agar selalu memjaga kebersihkan lingkungan. “Terlebih lagi musim penghujan yang rentan terhadap penyakit, terutama di wilayah yang terdampak banjir beberapa waktu lalu,” tandasnya.

    Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut hadir juga Wakil Ketua TP PKK Jakarta Selatan Sari Isnawa, sejumlah pengurus PKK Jakarta Selatan, serta perwakilan PKK kecamatan dan kelurahan yang ada di Jakarta Selatan. Rangkaian kegiatan pengajian rutin di PKK dimulai dengan pembacaan riwayat Nabi dipimpin oleh Ustazah Manisah, dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Ustadzah Hj Zuhroh, dan terakhir ditutup dengan ceramah agama oleh Ustadzah Hafisah.

    Penulis : KIP JS