Kategori : UMUM , Terbit : Rabu, 06 Februari 2019

Langkah Pemkot Jaksel Hentikan Tawuran Di Pasar Rumput




Dibaca : 404

    Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, tengah menyiapkan berbagai langkah dalam upaya menghentikan tawuran  yang kerap terjadi di Jalan Pasar Rumput, Kecamatan Setiabudi. Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali, mengatakan, beberapa upaya yang dilakukan tersebut salah satunya adalah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat, untuk melakukan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat dan pemuda.

    "Sebab lokasi yang kerap dijadikan sebagai aksi tawuran berada di perbatasan Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, dan Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi," ujarnya, Rabu (6/2). Marullah menjelaskan, dalam silaturahmi ini, akan dilaksanakan perdamaian antara kedua belah pihak, baik pemuda yang berada di Kelurahan Menteng dan juga Pasar Manggis. "Ini yang akan kita terus koordinasikan dengan Pemkot Jakarta Pusat," ucapnya.

    Marullah juga menyampaikan, upaya lainya yakni Pemkot Jakarta Selatan juga akan terus maksimalkan dan intensifkan pemberdayaan masyarakat di dua wilayah. Seperti menggelar kejar paket di sektor pendidikan dan pelatihan untuk sektor kewirausahaan. “Kesibukan seperti ini akan membuat konsentrasi mereka fokus akan masa depan. Bimbingan seperti ini akan terus ditingkatkan,” terangnya.

    Marullah menambahkan, pola tawuran ini terjadi biasanya di hari libur seperti Sabtu Minggu dan liburan nasional lainnya. Menurut pengamatanya, kencenderungan tawuran terjadi menjelang jam 17:00 WIB atau 18:00 WIB. “Saya sudah memantau ke lapangan. Biasanya tawuran seperti ini ada provokatornya dari masing-masing kedua belah pihak. Kita tidak akan biarkan ini terjadi kembali,” tegasnya.

    Camat Setiabudi Dyan Airlangga, menambahkan, upaya silaturahmi ini perlu dilakukan untuk mencapai kesepakatan perdamaian bersama. Agar para warga dan pemuda, tahu resiko dan dampak dari tawuran tersebut. "Untuk kasus hukumnya kami serahkan kepada Polsek Metro Setiabudi," pungkasnya.
     

    Penulis : KIP JS