Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Senin, 16 Januari 2012

Panitia Pengawas Pemilu Lapangan Jaksel Dilantik




Dibaca : 452

    Sebanyak 40 anggota Panitia Pengawas Pemilu Lapangan dilantik Ketua Panwaslu Kota Administrasi Jakarta Selatan Jumat (13/1). Diharapkan bisa menjalankan integritas dan komitmen selaku pengawas pemilu  lapangan.

    Sekretaris Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor mengatakan penyelenggaraan Pemilukada diperlukan integritas, kredibitas dan akuntabelitas terhadap  penyelenggaraan pemilu dengan demikian akan tercipta pemilukada yang jujur, adil, bersih dan berhasil baik,”katanya saat pelantikan anggota panitia pengawas lapangan Pemilukada DKI Jakarta, Jjumat (13/1).

    Panwaslu beserta perangkatnya sangat diharapkan masyarakat dapat bekerja secara maksimal oleh karenanya sangat dibutuhkan fungsi pengawasan yang benar-benar bekerja secara profesional  dalam penyelenggaraan pemilukada, sehingga masyarakat merasakan kinerja yang dihasilkan dari pemilukada secara langsung yang tetap menjaga konsep demokrasi yang harmonis sebagai manifestasi  nyata dari amanat UUD 1945,”terang Syamsudin.

    Panitia panwaslu pilkada merupakan instrumen yang sangat penting dalam melakukan pengawasan proses aktifitas yang diharapkan anggota panwas dapat menciptakan azas pemilukada transparan, terbuka , mandiri, adil, jujur dan akuntable melalui kewenangan panitia pengawas lapangan dalam menjalankan tugasnya agar dapat bersinergi dengan aparat pemerintah menjaga ketertiban dan keamanan lalu memberikan kenyamanan terhadap masyarakat, serta memberikan petunjuk dan pembinaan pelaksanaan pemilukada bila ada masyarakat atau pendukung calon belum paham.

    Pemkot Jakarta Selatan terus mengakomodir setiap pelanggaran pemilukada baik dari laporan masyarakat maupun panwaslu sehingga cepat meminimalkan setiap konflik yang timbul dari kasus-kasus pelanggaran guna mewujudkan pemilu yang demokratis  tetap menjaga persatuan dan kesatuan,”tambahnya

    Penulis : KIP JS