Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Kamis, 29 Desember 2011

Panwaslu Pemilukada Harus Terlihat Netral




Dibaca : 476

    Sebanyak 30 Panitia Pengawasan Kecamatan Pemilukada (Panwaslu) Jakarta Selatan dilantik oleh Ketua Panwaslu Provinsi DKI Jakarta Abdulrahman Umar.

     Ketua Panwas DKI Jakarta Abdulrahman Umar mengatakan jabatan panitia pengawas pemilu dalam Pemilukada Provinsi DKI Jakarta  adalah satu beban yang cukup berat tapi terhormat, disisi lain tugas panwas cukup strategis karena tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pemilukada,tidak itu saja tapi juga fungsi-fungsi pengawasan dapat berjalan secara benar akan banyak tantangan yang menghadang,”katanya saat pelantikan Panwaslu Kecamatan di Kota Adm Jakarta Selatan, Kamis (29/12).

    Banyaknya kepentingan tantangan itu bisa berupa ancaman, intimidasi dan juga godaan atau iming-iming, karena itu setiap ada kesempatan selalu mengingatkan perkuat integritas dan kredibilitas, disamping terus berupaya untuk memperkuat kapasitas sebagai seorang pengawas pemilu. Sesuai dengan amanat UU Panwaslu harus bersifat independent tidak memihak dan tidak diskriminatif, harus bersifat netral tapi ada yang lebih penting harus terlihat netral,”tambahnya.

    Sementara Walikota Jakarta Selatan Anas Efendi mengatakan Pemilukada Provinsi DKI Jakarta tinggal menghitung hari saja kurang labih 200 hari lagi, untuk itu dibutuhkan fungsi pengawasan yang benar-benar bekerja secara profesional, sehingga masyarakat akan merasakan kinerja yang dihasilkan dari Pemilukada secara langsung yang tetap menjaga proses demokrasi.

    Tugas dan kewenangan Panwas Kecamatan dan Panwas Kota dapat bersinergi dalam mempersiapkan tahapan-tahapan Pemilukada 2012 dengan para aparat pemerintah kota, tokoh masyarakat dan para pendukung bakal calon serta calon pemilukada 2012, sehingga di Jakarta akan menghasilkan Pemilukada yang berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat,”ujarnya.

    Penulis : KIP JS