Pemberdayaan-Masyarakat-dalam-Pemulihan-Fisik-Pasca-Bencana-Tahun-2024

Lurah Kelurahan Cilandak Timur Agus Muharam membuka Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemulihan Fisik Pasca Bencana di Ruang Pola Lantai II Kantor Kelurahan Cilandak Timur, Kamis (1/8). Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta.  Sekretaris BPBD Provinsi DKI Jakarta Marulitua Sijabat, Perwakilan Palang Merah Indonesia dan PT. PLN (Persero) UP3 Bulungan menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut. Marulitua Sijabat menyampaikan bahwa kejadian bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab BPBD saja, namun masyarakat juga harus diberdayakan turut serta dalam penanganan bencana seperti para Ibu yang biasa membantu dalam dapur umum. BPBD DKI Jakarta juga telah menurunkan petugasnya di setiap Kelurahan, jika warga membutuhkan bantuan dapat menghubungi nomor kontak petugas atau nomor 112 yang dapat dihubungi 1 x 24 jam, nomor ini dapat dihubungi  tanpa menggunakan pulsa. Sementara itu, Perwakilan PMI menyampaikan materi pembangunan rumah aman bencana, bagaimana shelter atau tempat pengungsian yang aman, nyaman, sehat, dan bermartabat serta cara menguatkan kerangka atau pondasi  rumah pasca  gempa bumi. PMI juga mengingatkan kepada warga yang mengalami bencana harus mengetahui kapan seharusnya untuk mengungsi, hai ini dilakukan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.  PT. PLN (Persero) UP3 Bulungan pada kesempatan tersebut  menyampaikan edukasi keselamatan dan informasi ketenagalistrikan masyarakat umum. Peserta diberikan informasi mengenai tindakan pertama apa yang harus dilakukan saat kebakaran. PLN menekankan bahwa tanggung jawab instalasi listrik pada pemilik rumah, jangan mengutak-ngatik listrik sendiri, bila terjadi kerusakan segera dilaporkan kepada Petugas PLN.  Jika terjadi banjir segera matikan arus listrik rumah dengan cara menurunkan tuas meteran. Jika kondisi banjir namun listrik di lingkungan tempat tinggal masih menyala segera laporkan kepada PLN. Masyarakat dapat menghubungi 123 atau  mengunduh PLN mobile di Play Store maupun App Store. PLN mobile melayani pembelian token listrik, pengaduan keluhan listrik, mengajukan pasang baru dan tambah daya.