Website Resmi - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan


Pelayanan

Pelayanan UPT

PELAYANAN KESEHATAN

1. Pest Control
a. Pest Control Terbatas
b. B.Termite Control
c. Fumigasi

Dasar Hukum:
a. KepMenKes RI No. 1350/Menkes/SK/XII/2001 (tentang Pestisida)
b. SK GUB KDKI No.D.III-2953/a/7/1976 (tentang ketentuan Mendirikan dan
Menyelenggarakan Usaha Pest Control di DKI Jakarta)

c. SK.Dinas Kesehatan Prop DKI Jakarta No. 2066/2002 (tentang Penyerahan
wewenang pengurusan Perizinan Sarana Kesehatan tertentu kpd Sudin Kesmas
Kotamadya)

d. SK. Ka.Sudin Kesmas No. 73 Tahun 2005 (tentang Persyaratan Pengajuan Izin
baru dan Perpanjangan bagi Perusahaan Pemberantas hama (Pest Control) serta
Penentuan Skor Minimal Penilaian.

Persyaratan:
a. 1.Surat Izin Usaha (Domisili, SIUP, UUG), Akte Notaris
b. 2.Peta Lokasi, Denah Bangunan
c. 3.Daftar Petugas Teknis
d. 4.Keterangan Sehat
e. 5.Foto Copy (Ijazah Tenaga Ahli, Sertifikat Supervisor , Teknisi)
f. 6.Daftar Pestisida yang digunakan
g. 7.Daftar Peralatan teknis tdd : Peralatan Aplikasi, Pelindung & Kendaraan

Waktu:
a. Izin Baru : 25 hari kerja
b. Izin Perpanjangan :20 hari kerja

Biaya:
Berdasakan PERDA 1/2006
2. Jasa Boga/Catering

Dasar Hukum:
a. Kepmenkes RI No. 715 ttg Persyaratan Hygiene Sanitasi Jasa Boga
b. SK Gub DKI No. 2333 Th 2002 ttg Jenis Usaha yang wajib dilengkapi dengan
SPPL
c. SK.Dinas Kesehatan Prop DKI Jakarta No. 2066/2002 ttg Penyerahan wewenang
pengurusan Perizinan Sarana Kesehatan tertentu kpd Sudin Kesmas Kotamadya

d. SK. Ka. Sudinkesmas Kotamadya Jakarta Timur No. 11 Tahun 2007 tentang
Persyaratan mengajukan Izin Penyehatan Usaha Jasa Boga
Persyaratan:

a. Surat permohonan ke Ka. Sudin Kesehatan
b. Melampirkan SPPL
c. Foto Copy KTP yang berlaku
d. Domosili perusahaan
e. Denah bangunan dan denah lokasi
f. Foto copy Sertifikat kursus penyehatan makanan
g. Foto copy Ijazah petugas Sanitasi

Waktu:

Proses izin 25 hari kerja, pemeriksaan ulang tambahan waktu 5 hari kerja
Biaya:
Berdasakan PERDA 1/2006
3. Laik Sehat DEPO Air Minum Isi Ulang

Dasar Hukum:
a. Permenkes No. 416 Th 1990 ttg Syarat-syarat dan Penga-wasan Kualitas Air
b. Kepmenkes No. 907 Th. 2002 ttg syarat-syarat dan Penga-wasan Kualitas Air
Minum
c. Kepmenperindag No. 651 Th. 2004 ttg Persyaratan teknis Depot Air Minumdan

Perdagangannya.

Persyaratan:
a. Foto copy KTP
b. Foto copy surat keterangan Domisili Perusahaan
c. Peta Situasi dan gambar denah bangunan
d. Rekomendasi keanggotaan dari APDAMINDO
e. Sertifikat kursus hygiene & sanitasi makanan/minuman untuk pengusaha/penjamah

Waktu:
25 hari kerja

Biaya:
Berdasakan PERDA 1/2006

4. Surat Izin Praktek Dokter Umum/Dokter Gigi/Bidan/Perawat/Optisian

Dasar Hukum:
a. Peraturan Menkes RI No.1419/Menkes/Per/X/2005 tentang Penyelenggaraan
Praktek Dikter dan Dokter Gigi
b. Peratutran Menkes RI No.916/Menkes/Per/VII/1997 tentang Izin Praktek Bagi
tenaga Medis
c. Keputusan Menkes RI No.1239/Menkes/SK/XI/2001 tentang Registrasi dan
Praktek Perawat
d. Kepmenkes RI No.900/Menkes/SK/VII/2002 tentnag penyelenggaraan registrasi
dan praktek Bidan
e. Retribusi Perda No.1 TH 2006

Persyaratan:
a. Mengajukan Permohonan Kepada Ka.Sudinkes Jak – Tim
b. Rekomendasi IDI/ PDGI/IBI/PPNI/IROPI
c. Foto Copy Surat Tanda Registrasi (STR) yang telah dilegalisir asli
d. Foto Copy Ijazah
e. Foto Copy KTP
f. Foto Ukuran 4 x 6 (2 lembar)

Waktu:

12 hari kerja

Biaya:
Berdasarkan PERDA 1/2006
5. Surat Izin Sarana Praktek Dokter Umum/Dokter Gigi/Bidan/Perawat/Optisian

Dasar Hukum:
Keputusan Menkes RI No. 1457/Menkes/SK/X/2003 tentang Standar Pelayanan
Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/ Kota
Persyaratan:
a. Mengajukan Surat Permohonan kpd Ka.Sudinkes Jak-Tim
b. Rekomendasi IDI/PDGI/IBI/PPNI/IROPI
c. Akte Notaris Perorangan/ Yayasan/ PT
d. Foto Copy Surat Ijin yg lama (utk Ijin tetap / Perpanjangan)
e. Foto Copy SIP,STR,Ijazah,KTP Dr/Drg Penanggung Jawab
f. Foto Copy SIP,STR,Ijazah Dr/Drg Pelaksana harian
g. Foto Copy SIP,SIK,Ijazah Perawat/ Perawat Gigi
h. Surat Pernyataan Dr / Drg Penanggung Jawab
i. Surat Pengangkatan Dr / Drg Penanggung Jawab
j. Surat Pernyataan tidak melakukan aborsi
k. Surat Pernyataan bekerja sama dengan Puskesmas Kec.
l. Denah Lokasi
m. Denah Ruangan
n. Surat Persetujuan Tetangga
o. Struktur Organisasi
p. Daftar Personalia
q. Daftar Peralatan Medik / Non Medik
r. Daftar Obat – Obatan
s. Daftar Pelayanan dan Tarif
t. Foto Copy KTP Pemilik
u. Pas Foto Uk. 4x6 ( 2 lbr ).

Waktu:
20 hari kerja
Biaya:
Berdasarkan PERDA 1/2006

6. Persyaratan Perizinan Nakes Keahlian/Spesialis

Dasar Hukum:
a. UU.Kepmenkes RI No.1189a/Menkes/SK/X/1999 tentang wewenang Penetapan Izin
dibidang Kesehatan
b. Permenkes RI No.920/Menkes/Per/XII/1986 tentnag Upaya Pelayanan Kesehatan
Swasta dibidang Medik Klinis Yanmed Spesialistik

Persyaratan:
a. Mengajukan Permohonan Kpd Ka.Sudinkes Jak – Tim
b. Foto Copy Pernyataan memiliki tempat Praktik
c. Foto Copy STR dari Konsil Kedokteran Indonesia
d. Rekomendasi dari Profesi
e. Foto Copy KTP
f. Pas Foto Uk. 4 x 6 ( 3 lembar )
g. Surat Keterangan aktif bekerja dari atasan langsung & pernyataan tidak
berkebaratan praktek diluar jam kerja ( untuk PNS )

Waktu:
12 hari kerja
7. Persyaratan Izin Sarkes Keahlian & Spesialis

Dasar Hukum:
Keputusan Menkes RI No. 1457/Menkes/SK/X/2003 tentang Standar Pelayanan
Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/ Kota

Persyaratan:
a. Mengajukan Permohonan Kepada Ka.Sudinkes Jak – Tim
b. Mengisi Bio Data Pengobatan Tradisional
c. Mengisi Surat Pernyataan bersedia mengikuti ketentuan yg berlaku
d. Foto Copy KTP
e. Surat keterangan kepala kantor/ kepala Desa tempat melakukan praktek
f. Rekomendasi dari asosiasi/ organisasi profesi dibidang pengobatan

Tradisional yg bersangkutan
g. Foto Copy sertifikat/ ijazah Nasional Pengobat Tradisional
h. Surat Pengantar dari Puskesmas Kecamatan/ Kelurahan
i. Pas Foto Uk. 4 x 6 ( 2 lembar )
j. Peta Lokasi & Denah Ruangan
k. Surat Ijin Tetangga

l. UUG

Waktu:
20 hari kerja
8. Pelayanan Surat Jaminan Rawat Inap Gakin

Dasar Hukum:
Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan Prov.DKI Jakarta No.7633/1773 tahun 2009
tentang Pemindahan Pelayanan Jaminan Rawat Inap dan Rawat Jalan

Persyaratan:
a. Foto Copy KTP
b. Foto Copy KK
c. Foto Copy Surat Keterangan tidak Mampu dari RT,RW dan Kelurahan
d. Surat Rujukan dari Puskesmas
e. Surat hasil verifikasi dari Puskesmas / Kartu Gakin/ BLT
f. Surat pengantar permohonan surat jaminan rawat inap dari RS

Waktu:
Satu hari

Biaya:
Tidak ada biaya