Kategori : KESRA , Terbit : Selasa, 21 Januari 2020

Konsep Dua Olahraga Di FORST Berubah Pada 2020




Dibaca : 211

    Konsep dua olahraga di Festival Olahraga Rakyat Sepanjang Tahun (FORST) yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yakni futsal dan voli, akan berubah pada 2020. Perubahan terjadi di dalam peraturan pertandingan yang akan dilombakan.

    Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Seksi Keolahragaan Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Selatan Sugeng, saat pihaknya melakukan Sosialisasi Festival Olahraga Rakyat Sepanjang Tahun Cabang Olahraga Futsal dan Bola Voli, di Lapangan Sepak Bola Blok S, Selasa (21/1). “Sosialisasi ini diikuti oleh para camat, lurah, FKDM, Kasatlak Olahraga, dan para penggerak Olahraga se-Jakarta Selatan,” ujarnya.

    Sugeng mengatakan, perubahan konsep dilakukan agar pelaksanaan kegiatan benar-benar lebih mengacu kepada festival. “Kita ingin membuat yang berbeda, yang lebih mengacu kepada festival. Untuk lebih banyak masyarakat yang hadir, dan lebih banyak interaksi dan keceriaan dari masyarakat,” terangnya.

    Terkait perubahan, salah satu penggerak olahraga yang turut berkontribusi dalam perubahan ini, Rizal mengatakan, untuk futsal, nantinya pertandingan tidak lagi menggunakan satu bola. “Sehingga yang tadinya bola satu dijadikan bola dua, dengan wasit dua, dan juga bola menggunakan bola plastik dengan warna yang berbeda,” paparnya.

    Sementara untuk voli, Rizal menambahkan, nantinya pertandingan akan menggunakan bola karet. Serve yang dilakukan pun akan dimulai di tengah dengan jarak tiga meter dari net yang sudah ditandai garis berbentuk kotak. “Ini adalah hal yang baru untuk masyarakat. Banyak yang belum mengetahuinya. 

    Maka dari itu perlu kita sosialisasikan melalui kecamatan dan kelurahan yang sudah hadir di sini untuk disosialisasikan kembali ke masyarakat,  Harapan saya dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat mengerti tentang peraturan permainan yang baru ini, dan kegiatan Festival Olahraga Rakyat Sepanjang Tahun dapat berjalan dengan lancar,” tandasnya.

    Penulis : KIP JS