Kategori : PEMBANGUNAN , Terbit : Rabu, 11 September 2019

Pemkot Jaksel Dukung Program Menabung Sampah




Dibaca : 52

    Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mendukung program Ayo Menabung Sampah di Bank Sampah Pramuka (BSP), yang akan dikelola setiap sekolah di Jakarta Selatan. Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji, yang membuka acara Rapat Koordinasi Pengelolaan Bank Sampah Sekolah, di Ruang Rapat Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

    Bekerja sama dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta dan Bank Negara Indonesia (BNI), Isnawa mengatakan, melalui program ini, pemerintah ingin mewujudkan masyarakat Jakarta peduli lingkungan. "Implementasi bank sampah di sekolah ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif pengurangan limbah sambah dari sumbernya. Anak-anak di sekolah akan semakin semangat jika imbalan pengumpulan sampahnya saldo uang tabungan," ujarnya.

    Manager Divisi Manajemen Produk Konsumen BNI Sri Wahyuni menjelaskan, setiap sampah yang dibawa oleh para siswa dan ditimbang, maka akan dibayarkan sesuai hasil timbangan. Dananya, akan disalurkan melalui rekening masing-masing siswa. "Nanti akan kami buatkan rekeningnya. Untuk murid-murid bisa mengambil uang hasil pengumpulan sampahnya tiap bulan. Sosialisasi ke setiap sekolah akan segera kami lakukan untuk memberikan informasi ini," imbuhnya.

    Selain itu, Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta Triadi Suparta mengatakan, setelah pertemuan ini pihaknya akan membahas pada rapat bersama untuk segera ditindaklanjuti. Tri berharap, bagi para siswa yang rutin mengumpulkan sampah dapat diberikan apresiasi untuk menumbuhkan motivasi bagi siswa lainnya. "Program ini akan menarik bagi para siswa untuk mendapatkan penilaian tanda kecakapan khusus. Kami berharap dengan pemilahan sampah itu, siswa akan semangat membawa sampah dari rumahnya ke sekolah dan akan dinilai tanda kecakapan khususnya," tandasnya.


     

    Penulis : KIP JS