Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Selasa, 17 September 2019

100 Warga Kecamatan Jagakarsa Ikuti Seminar Wawasan Kebersihan




Dibaca : 76

    Sebanyak 100 warga dari perwakilan Karang Taruna, RT, RW, FKDM, LMK, TP PKK se-Kecamatan Jagakarsa serta perwakilan SKPD dan UKPD terkait, mengikuti kegiatan seminar mengenai peningkatan wawasan kebersihan di Aula Kantor Kelurahan Srengseng Sawah, Selasa (17/9). Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji yang turut hadir pada kesempatan tersebut mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan dalam mengkampanyekan perilaku hidup disiplin dengan menjaga kebersihan lingkungan, dan dapat memanfaatkan sampah sebagai inovasi produk yang kreatif dan bernilai ekonomi tinggi.

    "Permasalahan sampah di DKI Jakarta selalu jadi bahan pembicaraan utama di setiap rapat kerja. Kami bersama-sama dengan para tokoh masyarakat di sini berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi warga lainnya. Baik dalam mencontohkan sikap yang bijak terhadap pemanfaatan limbah sampah, maupun sikap peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya. Sementara Camat Jagakarsa Mundari menambahkan, beberapa tim peduli lingkungan hidup di semua Kelurahan se-Kecamatan Jagakarsa telah dibentuk untuk ikut memantau wilayahnya masing-masing. Mundari berharap, kerja sama berbagai kegiatan peduli lingkungan dari para tim tersebut dapat dijadikan contoh oleh warga untuk ikut melakukannya.

    "Salah satu bentuk kegiatan dari tim peduli lingkungan yakni shodaqoh minyak jelantah yang digalakkan oleh satuan pelaksana Kelurahan Sudin Lingkungan Hidup. Atau ada juga pemanfaatan limbah sampah untuk dijadikan produk berdaya jual tinggi yang dibantu oleh kasatpel umkm misalnya, kerja sama itulah yang nantinya diharapkan dapat menggalakkan kepedulian lingkungan sedikit demi sedikit bersama-sama warga," imbuhnya.

    Selain itu, lanjut Mundari, kerja sama peduli lingkungan ini dapat juga dipraktekkan oleh anak-anak sekolah dalam bekerja sama mengumpulkan bahan plastik untuk dapat di daur ulang. "Tentunya semua kegiatan itu tidak lepas dari peran dan kerja sama semua pihak. Kita galakkan kepedulian ini demi lingkungan kita yang lebih bersih, dan sehat," tandasnya.

    Penulis : KIP JS