Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Selasa, 30 Juli 2019

28 Kelurahan Di Jaksel Kini Layani Pembuatan Akta Kelahiran




Dibaca : 533

    Sebanyak 28 kelurahan di Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), kini melayani pembuatan akta kelahiran dan akta kematian. Masyarakat cukup mendatangi kelurahan dan tidak perlu ke kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Selatan, untuk mengurus dua dokumen tersebut.

    Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris, saat diwawancarai di Kantor Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Selasa (30/7), mengatakan, kebijakan ini berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 1182 Tahun 2019, Tentang Pengangkatan Pejabat Pencatatan Sipil di Lingkungan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta. “Ini merupakan upaya kemudahan bagi warga dalam pengurusan akta kelahiran dan akta kematian. Jadi cukup datangi kelurahan saja,” ujarnya.

    Abdul Haris merinci, 28 kelurahan itu meliputi Kelurahan Bukit Duri, Menteng Dalam, Tebet Timur, Menteng Atas, Guntur, Kuningan Barat, Pasar Minggu, Pejaten Barat, Kebagusan, Pondok Pinang, Kebayoran Lama Selatan, Kramat Pela, Pondok Labu, Gandaria Utara. Kemudian Kelurahan Pancoran, Petukangan Utara, Tebet Barat, Manggarai, Grogol Utara, Kalibata, Srengseng Sawah, Tanjung Barat, Pesanggrahan, Petukangan, Ulujami, Cikoko, Ciganjur, Tanjung Barat.

    “Selama ini akta lahir dan akta kematian ditandatangani oleh Kasudin Dukcapil. Proses ini membutuhkan waktu yang lama karena antrian yang panjang. Namun dengan kebijakan ini, warga cukup datang ke kelurahan dan akta bisa langsung ditandatangani oleh Kasatpel Kelurahan,” ungkapnya. Haris menambahkan, kebutuhan warga dalam pengurusan akta kelahiran dan kematian ini sangat dinantikan kemudahannya. Saat ini, lanjut haris, dari 28 kelurahan tersebut, telah terbit 26 akta kelahiran dan tiga akta kematian. “Untuk kelurahan lain akan menyusul guna diberikan kewenangan pembuatan akta kelahiran dan akta kematian,” pungkasnya.

    Penulis : KIP JS