Kategori : KESRA , Terbit : Rabu, 15 Mei 2019

Pemkot Jaksel Akan Gelar Festival Ramadhan Bernuansa Betawi




Dibaca : 68

    Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, akan menggelar Festival Ramadan 1440 H bernuansa Betawi, yang rencananya diselenggarakan di Zona A UPK Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan, Kecamatan Jagakarsa, pada 17 Mei 2019 mendatang.

    Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhlisin mengatakan, nuansa Betawi diangkat dalam festival ini, lantaran Pemkot Jaksel ingin menampilkan suasana kebudayaan Betawi baik dalam keseniannya, dan juga kehidupan masyarakat Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan.

    "Kita ingin mengajak masyarakat lebih mengenal kebudayaan Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan, dan juga berbagi kepada sesama melalui santunan. Festival kali ini kita mengambil tema 'Ngabuburitnya Orang Betawi'," terangnya, Rabu (15/5). Mukhlisin juga berharap agar masyarakat datang bersama-sama menyaksikan festival ini. "Guna melengkapi suasana yang semakin religi, dan memperkenalkan budaya Betawi pada anak-anak generasi kita yang akan datang," ucapnya.

    Sementara itu Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron menambahkan, festival tersebut akan menghadirkan beragam kesenian religi bernuansa Betawi seperti hadroh, marawis dan teatrikal, yang bercerita tentang suasana kehidupan di perkampungan budaya Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan.

    "Penampilan teatrikal yang menampilkan masyarakat Betawi yang dikemas dalam bentuk cerita, dapat mengajak kita larut dalam suasana religi. Sebelum hari pelaksanaan juga akan ada arak ondel-ondel keliling kampung untuk mengajak masyarakat menyaksikan Festival Ramadan ini", pungkasnya.

    Penulis : KIP JS