Kategori : KESRA , Terbit : Rabu, 15 Mei 2019

Pelayanan KIA Di RSUD Tetap Buka Saat Lebaran




Dibaca : 46

    Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), akan tetap membuka pelayanan pembuatan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak, di 10 RSUD Kecamatan wilayah Jakarta Selatan, saat lebaran nanti.

    Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan Abdul Haris, Rabu (15/5). Abdul Haris menuturkan, pihaknya akan menempatkan petugas guna melayani masyarakat yang ingin melakukan pembuatan baik akta ataupun KIA.

    "Ada petugas yang jaga. Untuk penerimaan berkas dilakukan selama 24 jam bekerja sama dengan petugas RSUD yang jaga. Sedangkan untuk percetakan biodata penduduk baik KK, KIA dan akta kelahiran, akan dilakukan pada saat jam kerja," terangnya.

    Abdul Haris mengungkapkan, setiap tahun Sudin Dukcapil Jaksel selalu membuka pelayanan di RSUD meskipun saat hari besar keagamaan. Tak terkecuali Hari Raya Idul Fitri. "Pelayanan di RSUD meskipun hari besar keagamaan, kita tetap buka. Jadi ketika ada anak baru lahir di hari besar keagamaan, dia sudah langsung terdata agar bisa memiliki akta dan juga KIA," terangnya.

    Sedangkan untuk pelayanan di kelurahan, kecamatan dan suku dinas, Abdul Haris masih menunggu adanya peraturan gubernur (pergub) dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.  “Untuk pelayanan lainya masih menunggu pergubnya. Pelayanan tergantung dari pergubnya,” tandasnya.

    Penulis : KIP JS