Kategori : PEMERINTAHAN , Terbit : Selasa, 12 Februari 2019

Pemkot Jaksel Tertibkan Bangunan Salahi IMB Di Pondok Labu




Dibaca : 121

    Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), menertibkan bangunan salahi IMB di Jalan Pringgodani, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Selasa (12/2). Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Arifin, yang memimpin penertiban tersebut mengatakan, sebelum ditertibkan, pemilik bangunan telah diberi imbauan hingga surat segel. Namun pemilik tetap tidak menghiraukan.

    “Pelanggaran-pelanggaran bangunan yang terjadi ini menunjukkan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat. Kita memiliki tantangan besar untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat lebih giat lagi terhadap berbagai peraturan-peraturan hukum," ujarnya.

    Arifin berharap di kemudian hari masyarakat sudah tidak butuh lagi edukasi dan sosialisasi terkait poin-poin perizinan dalam mendirikan bangunan. "Sudah harus paham dan sadar hukum menaati peraturan untuk kebaikan bersama,” jelasnya. Sementara Kasatpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan, memaparkan, bangunan yang diperuntukkan toko tersebut ditertibkan lantaran menyalahi aturan bebas belakang.

    “Zonasi R9 yang diperuntukan tempat perdagangan atau toko ini sudah melanggar KDP 30 persen yaitu pelanggaran jarak bebas belakang. Kami dari Satpol PP mengikuti arahan teknis dari Suku Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Karena yang bersangkutan memiliki IMB, jadi pelanggaran yang tertera yang ditertibkan,” pungkasnya.

    Penulis : KIP JS