Kategori : PEMBANGUNAN , Terbit : Rabu, 09 Januari 2019

Sudin SDA Lanjut Keruk Embung Kebagusan




Dibaca : 57

    Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Selatan, melanjutkan Pengerukan Embung Kebagusan di RT 01/RW 03 Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

    Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Selatan Holi Susanto, mengatakan, pengerukan telah dilakukan pada awal Desember 2018 dan kembali dilanjutkan pada 2 Januari 2019. "Rencananya pengerukan ditargetkan empat bulan ke depan," ujarnya, Rabu (9/1).

    Holi menjelaskan, sesuai dengan Peta Trace Embung nomor 761/S/PPSK/DTR/XII/2013, embung tersebut memiliki luas kurang lebih 9.883 meter persegi. “Luas area yang sudah dibebaskan sebanyak lima bidang dengan seluas 7.926 meter persegi,” terangnya.

    Maksud pengerukan Embung Kebagusan, lanjut Holi, adalah untuk menambah ruang terbuka biru di wilayah Jakarta Selatan. Nantinya keberadaan embung ini bertujuan sebagai daerah resapan air di wilayah kebagusan khususnya RW 03 dan sekitarnya.

    “Selain itu sebagai daerah parkir air atau pengendali banjir dari aliran Kali Pulo yg melintas di sisi Embung  Kebagusan. Diharapkan dengan terbangunnya Embung Kebagusan ini, dapat mengurangi genangan yang terjadi akibat tingginya debit air Kali Pulo,” imbuhnya.

    Kasie Pemeliharaan Firmansyah, menambahkan, kedalaman pengerukan bervariasi antara dua hingga empat meter. Sedangkan lumpur hasil pengerukan dibuang di pinggir embung yang nantinya dapat digunakan sebagai jalan inspeksi. “Sebanyak 10 orang petugas SDA yang dikerahkan yang terdiri dari empat orang operator dan eman orang Satgas untuk mendukung kegiatan tersebut, serta dua unit eskavator,” tandasnya.

    Penulis : KIP JS