Kategori : PEMBANGUNAN , Terbit : Selasa, 08 Januari 2019

RW 01 Cipete Utara Kumpulkan 484,07 Kg Sampah




Dibaca : 144

    RW 01 Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan, berhasil mengumpulkan 484,07 kilogram sampah selama sepekan. Hasil tersebut diketahui usai sampah yang dikumpulkan ditimbang di Bank Sampah Kirai Mandiri.

    Lurah Cipete Utara Mohamad Yohan, mengatakan, sampah tersebut terkumpul dari 33 nasabah bank sampah yang ada di RW 01. Total, hasil penjualan dari ratusan kilogram sampah tersebut mencapai Rp 635.008. "Warga sudah tahu jenis dan ragam sampah daur ulangnya. Tinggal dikumpulkan ditempat terpisah kemudian selama sepekan baru ditimbang," ujarnya, Selasa (8/1).

    Yohan menyampaikan, masyarakat lebih memilih untuk menabung hasil penjualan penimbangan sampahnya. Baru lah saat memasuki Bulan Ramadhan, mereka mengambil tabungan tersebut untuk digunakan sebagai persiapan menjelang lebaran. "Hasil penjualan sampah daur ulang selama setahun itu bisa dapat satu sampai dua juta rupiah tiap warga," ungkapnya.

    Yohan berharap seluruh warga Cipete Utara dapat dengan konsisten menjalankan kegiatan bank sampah. "Apalagi Kelurahan Cipete Utara adalah satu-satunya kelurahan yang seluruh Rukun Warga nya telah memiliki bank sampah," pungkasnya.

    Penulis : KIP JS