Kategori : KESRA , Terbit : Kamis, 10 Januari 2019

PAUD Melati 01 Wisata Edukasi Ke Kantor Kelurahan Pengadegan




Dibaca : 39

    Siswa PAUD Melati 01 melakukan wisata edukasi ke Kantor Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kamis (10/1). Kantor ini dipilih lantaran memiliki fasilitas yang cocok sebagai sarana pembelajaran bagi para siswa tersebut.

    Lurah Pengadegan Mursid, mengatakan, pihak kelurahan sengaja menciptakan sarana tersebut bagi masyarakat untuk menambah wawasan mereka atau sekedar tempat bermain bagi warga. "Ada banyak tumbuh-tumbuhan yang ditanami, seperti sayur kol, sawi, jagung, dan padi. Selain itu, terdapat juga hewan ternak kambing yang kotorannya juga dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. Selain itu kami juga memanfaatkan lahan untuk budidaya belut, lele, dan nila. Untuk ikan hiasnya, terdapat cupang, dan black molly," terangnya.

    Mursid menjelaskan, ide pembuatan fasilitas itu muncul setelah dirinya melihat seringnya para orang tua yang datang untuk menyuapi anaknya makan, sembari bermain di halaman kantor. "Sejak ibu-ibu yang kesini itu bilang anaknya jadi makan banyak saat dibawa kesini. Anaknya senang lihat-lihat ikan di kolam. Saya fikir, saya harus sediakan fasilitas untuk mereka. Di aamping itu juga karena kelurahan pengadegan ini tidak punya RPTRA," ungkapnya. 

    Selain itu, Mursid juga ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa kantor kelurahan juga bisa dijadikan sebagai role model untuk bercocok tanam dan budidaya. "Hasilnya juga bisa dinikmati bersama. Sekaligus menjadi sarana anak-anak yang datang kesini untuk belajar", ucapnya. Sementara itu, Guru PAUD Melati 01 Murniati, mengatakan, para siswa sangat senang belajar di Kantor Kelurahan Pengadegan.

    "Saya senang kalau ajak anak-anak kesini. Mereka lebih aktif bertanya dan berkomunikasi kepada temannya. Juga dapat mengenalkan jenis-jenis ikan, dan budidaya sayuran dengan cara yang menyenangkan. Kalau anak-anak senang dan banyak bertanya, tandanya mereka tertarik dan ingin tahu. Sudah pasti guru juga mudah mengajarinya", tandasnya.

    Penulis : KIP JS