Kategori : PEMBANGUNAN , Terbit : Kamis, 03 Januari 2019

Kelurahan Pulo Grebek Sampah Di Eks Pasar Blok A




Dibaca : 42

    Kelurahan Pulo melakukan Grebek Sampah di area eks Pasar Blok A, Jalan RS Fatmawati, Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan.

    Lurah Pulo Gita Puspita, mengatakan lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah tersebut merupakan milik Perumda Pasar Jaya, dan berdekatan dengan Stasiun MRT Blok A. Sehingga saat dilihat dari atas stasiun terlihat tumpukan sampah yang merusak estetika.

    “Jadi kita lakukan grebek sampah disini. Lokasi tempat pembuangan sampah tersebut menyatu dengan pasar sehingga kebanyakan pedagang membuang sampah di sana. Dominasi sampah plastik dan kayu,” tuturnya, Kamis (3/1). Gita menjelaskan, Grebek Sampah tersebut sudah berjalan sejak Rabu (2/1) kemarin. Hari pertama dilakukan oleh Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Kebayoran Baru dengan satu unit soffel. Namun kurang efektif karena akses yang tidak memadai.

    “Hasilnya hari pertama dua truk dengan volume sampah kurang lebih mencapai  20 meter kubik, dan hari ini menggunakan tenaga manusia. Kami kerahkan 15 PPSU,” terangnya. Gita menjelaskan, luas total lahan baik yang ditempati pedagang dan yang dijadikan lokasi pembuangan sampah tersebut kurang lebih 4000 meter.

    “Perumda Pasar Jaya sudah menyetujui karena sebelumnya kami sudah bersurat ke Perumda Pasar Jaya dan ke kecamatan. Target kami sesegera mungkin, sebelum MRT beroperasi Maret mendatang,” tutupnya. Gita menambahkan, untuk pengawasan lokasi, pihaknya akan melibatkan RT/RW dan warga setempat. "Saat sampah sudah terangkut semua, selanjutnya kami jadwalkan pembersihan lokasi ini di dalam kegiatan Bersih-Bersih Jakarta Selatan (BBJS)," pungkasnya.

    Penulis : KIP JS