Tri Kurniadi Buka Lomba TUB Dan Kreasi PBB

PENDIDIKAN
Terbit: Sep 10, 2017

NameWali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, membuka acara Lomba Tata Upacara Bendera (TUB) Dan Kreasi PBB Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan 2017, yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Blok S, Kelurahan Rawa Barat, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (9/9).

Kurniadi mengatakan, Tata Upacara Bendera, merupakan bentuk kegiatan yang diatur dan ditata dengan tertib dan disiplin, dimana pada hakekatnya, upacara bendera yang diselenggarakan di sekolah-sekolah merupakan bentuk penghargaan atas perjuangan para pahlawan bangsa. "Begitu berartinya bendera bagi suatu bangsa, sehingga pahlawan rela mengorbankan jiwa raga untuknya. Untuk itu, penghormatan pada bendera merupakan suatu kewajiban setiap warga negara," ujarnya.

Kurniadi menuturkan, kegiatan ini, juga merupakan sebuah wujud latihan fisik guna menanamkan rasa disiplin, patriotisme, tanggung jawab, serta membentuk sikap lahir yang terdiri dari ketegaran, ketangkasan, kerapihan, keseragaman dan ketelitian. "Dan juga batin, seperti ketenangan, ketaatan, kebersamaan, konsentrasi, dan persatuan, dengan maksud menumbuhkan sikap jasmani yang tegas, tangkas, serta disiplin, sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan tugas diatas kepentingan individu," ucapnya.

Oleh karena itu, Tri Kurniadi berharap, Lomba Tata Upacara Bendera dan Kreasi PBB Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan 2017 ini, dapat menjadi inspirasi positif bagi pelajar di sekolah untuk meningkatkan motivasi dan kapasitas generasi muda. "Dalam rangka membangun kesadaran membela negara dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga mampu menumbuhkan kedisiplinan, semangat bekerja, serta rasa patriotisme," paparnya

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Selatan, Eko Puji Haryanto mengatakan, sebanyak 1020 peserta, mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan pada 9-10 September 2017. "Masing-masing sekolah mengirimkan 34 anak yang terdiri dari 10 SD, 10 SMP, dan 10 SMA/SMK dari 10 kecamatan yang berada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan," tandasnya. (KIP JS)