Pemkot Jaksel - BPJS Kesehatan Sosialisasikan Bahaya Merokok

KESRA
Terbit: Sep 13, 2017

NamePemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Jakarta Selatan, menggelar Sosialisasi Program Promotif Preventif Spesifik Daerah dengan tema "Ti-Rock (Tinggalkan Rokok)", di ruang Serbaguna SMPN 86, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (12/9).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Selatan Sudarto KS, dan Kepala SMPN 86 Jakarta Selatan Sumardi, Sekretaris Camat Cilandak Ahmad Basyarudin yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, dirinya mewakili Pemkot Jaksel, mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Jakarta Selatan, yang telah bersedia untuk memberikan wawasan mengenai bahaya merokok kepada generasi muda.

"Karena generasi muda masih punya harapan panjang untuk mempertahankan dan memperjuangkan eksistensi dari negara Republik Indonesia ini. Semoga kegiatan ini yang sebagai pilot project untuk menghentikan kebiasaan merokok, bisa dilaksanakan di semua jajaran dan semua lingkungan sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Sudarto KS mengatakan, program ini bukan lah program yang baru, melainkan sudah berlangsung sejak lama dan merupakan bagian dari tindakan preventif dan promotif untuk memutus rantai dari akibat merokok. "Karena berdasarkan survei oleh Pemprov DKI mengatakan bahwa 33% anak kita itu perokok, untuk itu kita mencoba memutus mata rantai merokok itu mulai dari hulunya yaitu dimulai dari anak-anak kita ini," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sumardi menyampaikan, dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini, para siswa jadi tahu dan menyadari betapa berbahayanya rokok bagi kesehatan. "Semoga setelah mengikuti kegiatan ini para siswa yang masih merokok dapat menyadari dan memahami bahaya merokok sehingga dapat berhenti merokok," tuturnya.

Diketahui, kegiatan ini merupakan program dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jakarta Selatan, yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Acara ini dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari siswa dan siswi kelas 7-9 SMPN 86, dengan menghadirkan narasumber dari Ikatan Dokter Indonesia Jakarta Selatan dr. Maysarwati. Selain penyampaian materi sosialisasi, dalam acara ini juga dibagikan kuesioner mengenai rokok yang diisi oleh para siswa serta akan dilakukan test pemeriksaan kadar CO (Carbon Monoxide) pada paru-paru bagi siswa yang bersedia di test. (KIP JS)