Pelatihan Satpam Resmi Dibuka

KESRA
Terbit: Sep 06, 2017

NameWakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Arifin, Didampingi Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Selatan Sudrajat, membuka kegiatan pelatihan satuan pengamanan atau Satpam, di Bumi Perkemahan Ragunan Jalan RM. Harsono No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Rabu (6/9).

Kegiatan tersebut diikuti 50 orang peserta pendidikan Satpam yang akan ditempatkan di wilayah DKI Jakarta. Arifin mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah, sebagai upaya untuk melatih keterampilan dan keahlian masyarakat. "Mungkin diantara mereka ada yang sudah bekerja namun mereka ingin mengasah ataupun menambah keterampilan yang sudah ada," tuturnya. Arifin menjelaskan, para peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, akan mendapatkan ilmu secara langsung dari pihak Polda Metro Jaya selama 15 hari.

"Apabila mereka sudah selesai mereka akan mendapatkan sertifikat sebagai tenaga Satpam, bagi yang belum mendapatkan pekerjaan maka sertifikat tersebut bisa menjadi modal untuk mencari pekerjaan," ucapnya. Selain itu, Arifin juga memiliki harapan yang berkaitan dengan pengangguran yang ada di wilayah DKI Jakarta. "Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mengurangi angka pengangguran di DKI Jakarta khususnya di wilayah Jakarta Selatan," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi Sudinaker Jakarta Selatan, Lies Agustini mengatakan, para peserta ini merupakan hasil data ulang lantaran banyak peserta sebelumnya yang sudah tidak sesuai dengan data yang diberikan. "Ini sebetulnya data calon peserta merupakan hasil dari Musrenbang dari tahun lalu, baru kegiatan nya itu biasanya dimulai pada tahun depan. Setelah kita review lagi dari data kelurahan banyak yang tidak lagi tinggal disitu, ataupun sudah tidak sesuai lagi dengan yang diharapkan," tandasnya. (KIP JS)