Sudin LH Jaksel Siapkan Strategi Pertahankan Adipura

PEMBANGUNAN
Terbit: Aug 07, 2017

NameKepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan Syarifudin menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beragam strategi, untuk mempertahankan Piala Adipura, yang berhasil didapatkan oleh Kota Administrasi Jakarta Selatan. Salah satu strategi tersebut adalah memperbanyak bank sampah.

"Untuk mempertahankan, yang jelas kita sudah merintis strategi ya. Seperti kalau kemarin jumlah bank sampah itu mungkin sekitar 68, kita berharap di tahun depan itu kita bisa dapat 100 lebih," ujarnya, Senin (7/8). Syarifudin menjelaskan, selain memperbanyak bank sampah, Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan juga akan terus mengoptimalkan kinerja petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang ada di Jakarta Selatan.

"Mereka disitu juga punya peluang untuk memilah sampah. Jadi nanti kita akan membentuk bank sampah PPSU. Jadi selain mereka mengambil sampah, mereka juga membentuk komunitas dalam bentuk bank sampah, sehingga mereka mempunyai tabungan dari hasil sampah yang mereka angkut dan yang mereka pilah," terangnya.

Selain dua strategi tersebut, Syarifudin menambahkan, ada juga strategi peningkatan ekonomi kreatif masyarakat, yang mengajak para CSR (Corporate Social Responsibility), ketika ada penataan ekonomi masyarakat. "Dan juga pemanfaatan lahan-lahan kosong. Kita kedepankan Urban Farming. Jadi ada lahan kosong, masyarakat manfaatkan untuk menanam tanaman-tanaman sayuran, buah, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu upaya pemanfaatan lingkungan," tuturnya.

Seperti diketahui, Kota Administrasi Jakarta Selatan, berhasil menerima penghargaan Piala Adipura dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Tahun 2017. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, kepada Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi atas keberhasilan menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan di Jakarta Selatan. (KIP JS)