Sudin KPKP Jaksel Panen Ikan Di Cilandak Barat

EKONOMI
Terbit: Aug 13, 2017

NameSuku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan, melakukan panen raya ikan pada empang yang terletak di Komplek PT Timah, RT 09/ RW 04, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sabtu (12/8).

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Wachyuni, mengatakan ikan yang dipanen ini merupakan hasil dari penebaran benih yang dilakukan pada 27 Januari 2017 lalu. “Awal pemberian benih ikan sebanyak 25 ribu ekor di empang seluas 2000 meter persegi,” ujarnya.

Wachyuni menjelaskan, panen ikan tersebut tidak dilakukan dengan cara menjala, melainkan dilakukan oleh para warga sekitar dengan cara memancing. “Ada sekitar 92 orang warga yang mancing disitu secara gratis. Pemancing ini merupakan warga serta pengurus RW 04 dan seluruh pengurus RT 001 sampai dengan RT 015 Kelurahan Cilandak Barat,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, Wachyuni mengungkapkan, sekitar 195 kilogram ikan, berhasil dipancing oleh warga Cilandak Barat. “Ikan nila sebanyak 119 kilogram dengan total ikan 357 ekor, serta ikan mas sebanyak 76 kilogram dengan total ikan 159 ekor,” tuturnya.

Wachyuni menambahkan, ikan yang dipancing tersebut berhak dimiliki oleh para warga untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. “Ikan yang dipanen untuk warga sekitar,” tandasnya. (KIP JS)