Pemkot Jaksel Terima Kunker DPRD Kab. Langkat

PEMERINTAHAN
Terbit: Aug 11, 2017

NameAsisten Administrasi dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Administrasi Jakarta Selatan, H.Ma’mur, menerima Kunjungan Kerja (kunker) DPRD Komisi C Kabupaten Langkat Sumatera Utara, di Ruang Rapat Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (11/8). Kunjungan kerja DPRD Komisi C Kabupaten Langkat di Pemerintahan Kota Adm. Jakarta Selatan, terkait dengan Pengelolaan Keuangan Daerah Serta Pendapatan Daerah yang bersumber dari Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Dalam penerimaannya, Ma’mur mengawali kegiatan dengan memaparkan tentang kondisi wilayah Kota Adm. Jakarta Selatan terkait Pengelolaan Keuangan Daerah Serta Pendapatan Daerah yang bersumber dari Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Ma’mur dalam kesempatan itu mengatakan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, sangat berterima kasih lantaran Jakarta Selatan dipercaya sebagai referensi dalam kunjungan kerja. "Kami akan dengan senang hati memberikan masukan dan penjelasan apa yang diperlukan dalam kunjungan kerja DPRD Komisi C Kabupaten Lahat, sehingga dapat dijadikan sebagai percontohan bila dianggap bermanfaat," ujarnya.

Sementara Kepala Suban Pengelola Keuangan Jakarta Selatan Busro Murod mengatakan, DKI Jakarta adalah otonom yang terpusat di Provinsi, tidak otonom murni, serta terdiri dari 745 SKPD, 746 UKPD, dan tersebar di lima wilayah kota plus Kepulauan Seribu. Lebih lanjut, dirinya pun menjelaskan bagaimana pengelolaan penerimaan maupun belanja yang dilakukan di Pemkot Jaksel.

“Mulai dari penganggaran sampai pendapatan sampai belanja menggunakan anggaran E-Budgeting, komponen nya adalah E-komponen disitu sudah ada E-Purchasing disitu juga tersedia katalognya. Segi pendapatan BPKAD sudah tidak menerima tunai. Belanja semua bendahara, transaksi belanja sudah melalui tunai, tidak ada lagi uang kas semua lewat transfer agar efisiensi,” jelasnya.

Sementara Ketua Rombongan Komisi C DPRD Kabupaten Langkat Donny Setha yang datang dengan 10 anggota DPRD mengatakan, kehadirannya beserta rombongan ke Pemkot Jaksel berkat keberhasilan yang sudah dicapai Pemerintahan Kota Adm.Jakarta Selatan. "Kami pada kesempatan ini ingin lebih tahu terkait dengan Pengelolaan Keuangan Daerah Serta Pendapatan Daerah yang bersumber dari Pajak Daerah dan akan kami terapkan sebagai acuan di kabupaten kami," tandasnya. (KIP JS)