Pemkot Jaksel Laporkan Piala Adipura Ke Pemprov DKI

PEMBANGUNAN
Terbit: Aug 03, 2017

NamePemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, melaporkan penghargaan Piala Adipura kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, melaporkan Piala Adipura tersebut kepada kepada Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, di Pendopo Balai Kota, Kamis (3/8).

Saefullah mengatakan Pemprov DKI memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan Jakarta Selatan, yang telah meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia "Saya mewakili pak Gubernur (Djarot Saiful Hidayat, red) menyambut Piala Adipura ini, karena pak gubernur sedang menjalin kerjasama di Moscow, Rusia," katanya.

Selain itu, Saefullah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat wilayah dan petugas di lapangan dalam hal ini para Pekerja Harian Lepas (PHL), atas kerjasamanya dalam menjaga kebersihan serta mengelola lingkungan masing-masing. “Bukan hanya untuk pemerintah nya saja, piala ini bisa didapat berkat partisipasi masyarakat pula. Dengan kerja sama yang baik ini, kita bisa dapat penghargaan. Saya ucapkan selamat,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Tri Kurniadi mengatakan, penghargaan Piala Adipura ini tak lepas dari upaya yang dilakukan seluruh aparat pemerintahan baik tingkat kota, tingkat kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT/RW dan juga masyarakat Jakarta Selatan pada umumnya. “Banyak indikator penilaian Adipura ini, tidak hanya pemerintah, kualitas udara, air sungai, bank sampah, serta semua masyarakat juga terlibat. Tanpa keterlibatkan masyarakat kita tidak bisa apa-apa,” ucapnya. 

Penghargaan ini, lanjut Kurniadi, diperoleh setelah Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan berbagai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di bidang pengelolaan sampah, pengelolaan ruang terbuka hijau, pengendalian pencemaran air, dan pengendalian pencemaran udara. Kurniadi menambahkan, selain Adipura, dua kelurahan di Jakarta Selatan juga mendapat penghargaan dalam Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional 2017. "Yaitu Kelurahan Rawajati dan Kelurahan Kebayoran Lama Selatan," tandasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berhasil menerima penghargaan Piala Adipura dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Tahun 2017, yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup di kompleks Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (2/8) malam. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, kepada Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi atas keberhasilan menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan di Jakarta Selatan. (KIP JS)