Kemiripan FKDM Dengan Jurnalis Menurut Kesbangpol Jaksel

PEMERINTAHAN
Terbit: Aug 10, 2017

NameKepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Selatan Matsani, membuka workshop dengan Anggota Forum Lintas Ormas dengan tema "Peran Pers Dalam Pembangunan Menuju Keterbukaan Informasi", yang berlangsung di Ruang Dekot, Kamis (10/8). Dalam workshop ini, Matsani menjelaskan, pihaknya memiliki Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang merupakan binaan dari Kesbangpol, dan memiliki peran serta fungsi yang mirip dengan para jurnalis.

"Kegiatan ini sangat saya apresiasi. Saya mempunyai binaan FKDM hampir bersamaan tugas fungsinya dengan jurnalis sebagai telik sandinya. Pemerintah sama-sama mencari berita mengolah berita, cuma tambahannya fungsi FKDM itu mencari berita itu dalam rangka deteksi dini untuk mencegah sesuatu hal terjadi," tuturnya.

Matsani mengatakan, acara workshop ini menjadi sebuah penyegaran sendiri bagi FKDM, dimana mereka dapat mempertajam kegiatan untuk direncanakan di kemudian hari. “Temen-temen yang di lapangan punya hampir 520 orang. Mereka bekerja ada operasional nya. Dengan adanya pencerahan ini diharap bisa mempertajam kegiatan FKDM,” tuturnya.

Matsani memaparkan, Forum Lintas Ormas ini merupakan yang satu-satunya di Indonesia, dimana FLO ini dibentuk atas dasar inisiatif dari temen-temen ketua-ketua Ormas pada saat tahun 2013. “Dengan adanya lintas ormas ini Alhamdulillah komunikasi terkait dengan potensi-potensi yang rawan itu terbantu oleh teman-teman lintas ormas," ucapnya.

Matsani berharap, para peserta yang mengikuti workshop ini, dapat mengambil manfaat yang tentunya berdampak positif terhadap wawasan mereka. "Jadi sekali lagi kegiatan ini sangat saya apresiasi, dan mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita dan bertambah wawasan kita,” tutupnya. (KIP JS)