Kecamatan Cilandak Gelar Pekan Panutan PBB

PEMBANGUNAN
Terbit: Aug 22, 2017

NameCamat Cilandak Tomy Fudihartono, didampingi Kepala UPPRD Kecamatan Cilandak Salih Noviansyah, beserta para Lurah se-Kecamatan Cilandak, membuka gelaran acara Pekan Panutan PBB Kecamatan Cilandak di ruang pola Kecamatan Cilandak, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Selasa (22/8).

Tomi mengatakan, untuk Kecamatan Cilandak sendiri, SPPT PBB Tahun 2017 sebanyak 27.623 SPPT dengan ketetapan Rp ***************. "Untuk target PBB tahun 2017 ini kecamatan Cilandak sebesar Rp ***************, realisasi sampai dengan tanggal 21 Agustus 2017 mencapai Rp *************** atau baru 50,97%, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah penambahan pembayaran PBB di Kecamatan Cilandak hingga mencapai 90%," ujarnya.

Tomi menuturkan, PBB merupakan kewajiban bagi masyarakat yang memiliki tanah dan bangunan, maka dari itu PBB merupakan kewajiban yang harus diselesaikan. "Seperti diketahui, Pemda DKI telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada masyarakat menengah ke bawah antara lain penghapusan PBB untuk tanah yang nilai NJOP nya dibawah Rp 1 M, dimana kedepannya akan dinaikkan menjadi Rp 2 M," ungkapnya.

Tomi melanjutkan, Kelunasan PBB adalah salah satu syarat untuk mengurus segala pelayanan yang ada di pemda DKI seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB). "Untuk itu mari kita lunasi pembayaran PBB kita segera mungkin jangan tunggu hingga tanggal 31 Agustus, karena bila sampai terlambat maka akan dikenakan denda sebesar 2% tiap bulannya," ucapnya.

Sementara Kepala UPPRD Kecamatan Cilandak, Salih Noviansyah mengatakan, tahun ini kewenangan yang ada di UPPRD Kecamatan Cilandak bertambah dari empat menjadi sembilan. "Yaitu Pajak PBB, BPHTB, air tanah, reklame, hotel, hiburan, restoran, parkir dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor, dan mulai tahun ini kami petugas pajak daerah dalam pelaksanaan pelayanan ada pendampingan dari kpk," tandasnya.

Pada acara ini, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin, juga menyempatkan diri untuk hadir menyaksikan proses pembayaran pajak PBB, dari salah seorang wajib pajak di Bank DKI Cabang Kecamatan Cilandak. Pada acara ini, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin, juga menyempatkan diri untuk hadir menyaksikan proses pembayaran pajak PBB, dari salah seorang wajib pajak di Bank DKI Cabang Kecamatan Cilandak. (KIP JS)