Karang Taruna Pela Mampang Akan Gelar Festival Pantun

KESRA
Terbit: Aug 02, 2017

NameKarang Taruna Kelurahan Pela Mampang, akan menggelar Festival Pantun Kampung Pela & Gelar Seni Budaya, yang akan dilaksanakan pada 28-29 Oktober 2017 di sepanjang Jalan Bangka Raya sepanjang satu kilometer. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Oktober sebagai hari bulan bahasa.

Asisten Adm. dan Kesejahteraan Kota Administrasi Jakarta Selatan H.Ma’mur saat meminpin Audiensi Festival Pantun Kampung Pela mengatakan, Pemerintah Kota Adm. Jakarta Selatan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. "Kegiatan ini diinisiasi oleh para pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Kelurahan Pela Mampang,” ujarnya saat audiensi dengan Panitia Festival Pantun Kampung Pela di ruang rapat Askesra, Blok A, Lt.2 Rabu (2/8).

Ma'mur mengatakan, Festival Pantun ini dikemas dengan mengangkat betawi berkarakter budaya dengan sastra bahasanya. Tidak itu saja, juri yang didatangkan pun merupakan juri yang berkompeten dibidangnya. Sementara Adi Wibowo ketua Panitia Festival Pantun mengatakan, dalam festival ini akan ditampilkan penampilan peserta yang mampu bertutur kata sastra betawi dengan tema-tema pantun yang ditentukan.

"Bisa perorangan membawakan pantun, beradu pantun antar dua orang dan beradu pantun antar sekelompok orang seperti palang pintu. Apresiasi yang akan dipertunjukan akan kami berikan Piala Wali Kota Selatan," tuturnya. Adi menambahkan, acara ini juga akan menampilkan ragam budaya yang ada di masyarakat Mampang seperti Ondel-Ondel, pasukan pencak silat, atraksi pembuatan Dodol Betawi, pembuatan Bir Pletok, dan juga pembuatan Putu Mayang. (KIP JS)