Jakarta Selatan Gelar Panutan PBB-P2 2017

PEMBANGUNAN
Terbit: Aug 10, 2017

NameSuku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Administrasi Jakarta Selatan, menggelar Pekan Panutan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan Tahun 2017, di Avenue of The Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (10/8).

Acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Wakil Kepala BPRD Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Haryadi, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Iwan Kurniawan, Asisten Pemerintahan Jakarta Selatan Edy Suherman, dan seluruh Camat se-Jakarta Selatan. Pada acara tersebut, hadir pula Wakil Gubernur Terpilih DKI Jakarta Sandiago Uno, yang datang sebagai peserta wajib pajak bersama 138 peserta wajib pajak lainnya.

Dalam sambutannya, Kurniadi mengatakan bahwa PBB-P2, merupakan salah satu jenis pajak daerah berdasarkan undang-undang RI No. 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. "Sejak dialihkannya PBB-P2 pada Tahun 2013 ke pemerintah DKI Jakarta khususnya Jakarta Selatan, penerimaan PBB-P2 memberikan konstribusi besar untuk pembangunan bagi kepentingan masyarakat," katanya.

Menurut Kurniadi, seiring dengan semakin meluasnya pembangunan di Jakarta, maka tidak mengherankan jika tiap tahun nya penerimaan PBB-P2 di Jakarta mengalami peningkatan. "Dibanding tahun 2016 dimana target penerimaan PBB-P2 untuk wilayah Jakarta Selatan mencapai Rp. 2,28 triliun, pada tahun 2017 ini meningkat 10,1% menjadi Rp 2,52 triliun," tuturnya.

Kurniadi berharap pelaksanaan Pekan Panutan PBB-P2 Tahun 2017 Tingkat Kota Jakarta Selatan ini mempunyai hasil yang optimal baik dari sisi penerimaan maupun sisi pelayanan. "Akhirnya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pekan Panutan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan tahun 2017 secara resmi saya buka," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Administrasi Jakarta Selatan Yuspin menambahkan, tujuan digelarnya Pelaksanaan Pekan Panutan PBB-P2 itu dalam rangka percepatan penerimaan PBB-P2 tahun 2017 di Jakarta Selatan. "Sampai per 4 Agustus 2017 kemarin, baru terealisasi sebesar Rp 836,69 miliar atau baru mencapai 33,31 persen," kata Yuspin.

Yuspin menjelaskan, pada tahun 2017 ini penerimaan PBB-P2 masih ada kekurangan sebesar Rp 1.67 triliun atau 66.69% lagi untuk mencapai target Rp 2,51 triliun. "Untuk itulah sangat diperlukan dukungan dan kerjasama dari segenap wajib pajak, khususnya yang berada di Jakarta Selatan dengan kesadaran dan keikutsertaan dapat segera melunasi pembayaran PBB-P2," pungkasnya. (KIP JS)