Hasil Biduk Dukcapil Jaksel Di Kalibata

PEMERINTAHAN
Terbit: Aug 09, 2017

NamePemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan, menggelar Acara Pelaksanaan Kegiatan Bina Kependudukan (Biduk) di Kalibata Pulo RW 005, Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (8/8).

Acara Bina Kependudukan ini dipimpin langsung oleh Kepala Sudin Dukcapil Jaksel Abdul Haris, yang didampingi oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pancoran, Rizky Adhari. Haris mengatakan, Biduk yang dilakukan ini bertujuan agar semua masyarakat memahami apa dan bagaimana peraturan untuk tinggal di Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan," ujar Haris. Haris juga mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pasca lebaran serta juga penataan dan penertiban dalam pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

"Biduk ini dilaksanakan sebanyak 10 putaran, disini merupakan putaran ketiga yang diawali dengan pendataan, pelayanan langsung surat keterangan domisili sementara (SKDS), serta penyerapan KTP elektronik bagi warga yang belum melakukan dan akte kelahiran," paparnya.

Sementara itu, Kasi Data Informasi dan Pengawasan Sudin Dukcapil Kota Jakarta Selatan Bintang Juara menambahkan, sebanyak 144 data warga terjaring dalam Biduk yang dilaksanakan di RT 01, 03, 04, 010, 012 dan 014/ RW 005 Kelurahan Kalibata.

"Kebanyakan yang terjaring itu warga dengan KTP daerah sebanyak 137 warga, dan yang tidak memiliki dokumen hanya tujuh," katanya. Untuk jumlah pelayanan, lanjut Bintang, 29 warga sekitar mengurus Akta Kelahiran, 101 mengurus SKDS, tujuh warga merekam e-KTP, dan tujuh warga lagi hanya sekedar konsultasi. (KIP JS)