Gowes Pesona Nusantara Singgah Di Jakarta Selatan

KESRA
Terbit: Aug 07, 2017

NameGowes Pesona Nusantara akhirnya singgah di Jakarta, tepatnya di Pondok Pinang Center, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Minggu (6/8). Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, yang membuka start Estape Gowes Pesona Nusantara mengatakan, Pondok Pinang merupakan salah satu etape yang berada di 100 kota dalam acara Gowes Pesona Nusantara.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Arifin, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Iwan Kurniawan,beserta jajaran pemerintah terkait dan juga Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah, Imam menjelaskan, nantinya, kedua rombongan baik yang memulai start dari Sabang maupun dari Merauke akan berkumpul di titik akhir yaitu Gunung Tidar, Magelang, pada 9 September mendatang. "Tentunya bersepeda ini adalah salah satu semangat kita merawat kebangsaan dan nasionalisme," katanya.

Imam juga menambahkan, nantinya di titik akhir, peserta Gowes Pesona Nusantara akan bersama-sama membangun Tugu Tanah Air. Menurut Imam, tugu tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi simbol NKRI harga mati yang harus dipertahankan selamanya. Sementara itu, Tri Kurniadi dalam sambutannya mengatakan, Gowes Pesona Nusantara ini merupakan bagian dari rangkaian gerakan "Ayo Olahraga", yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk memperingati olahraga nasional.

"GPN ini juga sekaligus mempromosikan Asian Games yang digelar di Jakarta - Palembang tahun 2018 nanti," katanya. Kurniadi juga menjelaskan tujuan Gowes Pesona Nusantara ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan, tata cara bersepeda serta pelestarian lingkungan hijau sehingga dapat mengurangi tingkat pencemaran.

"Kegiatan ini juga menjadi media transfer aktif pemerintah dalam upaya membina kepedulian dan perhatian kita semua terhadap permasalahan lingkungan hidup," jelasnya. Kurniadi juga berpesan kepada peserta Gowes Pesona Nusantara agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh.

"Akhirnya dengan memohon Ridho Allah, kegiatan Gowes Pesona Nusantara Estape Jakarta Pondok Indah secara resmi dibuka," pungkasnya. Seperti diketahui, Gowes Pesona Nusantara itu sendiri telah diadakan sejak 13 Mei 2017 lalu dengan rute dari Sabang-Magelang dan Merauke-Magelang.

Dalam acara tersebut, para peserta juga dihibur oleh artis-artis nasional seperti Laudya Chintya Bella, ST 12, dan masih banyak lagi artis lainnya juga ikut memeriahkan panggung utama Gowes Pesona Nusantara. Tidak hanya itu, di sisi kanan dan kiri panggung juga banyak stand-stand yang menawarkan berbagai kuliner dan produk-produk menarik untuk menyemarakkan acara nasional tersebut. (KIP JS)